Beirita Belu

26 Warga Belu-Malaka Meninggal Akibat Kecelakaan

Dari jumlah tersebut, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 26 orang, rincian Kabupaten Belu 20 orang dan Malaka enam orang.

26 Warga Belu-Malaka Meninggal Akibat Kecelakaan
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus, S.IK

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS- KUPANG.COM|ATAMBUA--Sampai dengan Juni 2018, jumlah kasus kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Belu sebanyak 76 kasus. Dari jumlah tersebut, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 26 orang, rincian Kabupaten Belu 20 orang dan Malaka enam orang.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing melalui Kasat Lantasnya, AKP Harman Sitorus mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (13/7/2018).

Menurut Harman, data kecelakaan di wilayah hukum Polres Belu dari Januari sampai Juni 2018 sebanyak 76 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia 26 orang dan luka berat 40 orang.

Di Kabupaten Belu, korban meninggal dunia 20 orang, luka berat 30 orang, sedangkan di Kabupaten Malaka korban meninggal dunia enam orang dan luka berat tujuh orang.

Terhadap persoalan kecalakaan lalulintas ini, langkah yang dilakukan kepolisian adalah melakukan upaya preventif seperti melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tertib lalu lintas di sekolah sekolah dan masyarakat. Kemudian memasang spanduk keselamatan di sejumlah tempat.

Upaya lainnya adalah penegakkan hukum melalui kegiatan operasi sehingga penindakkan kepada pelanggara lalulintas.

Harman menghimbua kepada masyarakat Belu dan Malaka agar patuh terhadap aturan berlalulintas agar mengurangi kecelakaan.

Sebab, kecelakaan terjadi diawali dari sebuah pelanggaran seperti, serobot lampu merah, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, melawan arus, membonceng lebih dari satu orang penumpang.

Selain hal penting tersebut di atas, pengemudi juga harus mengecek kelayakan kendaraan sebelum jalan, mengenakan helm standar dan tidak boleh mengemudi kendaraan dalam kondisi mabuk. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved