Berita Thailand

Enam Anggota Tim Sepakbola Remaja Thailand Berhasil Dievakuasi

Anak-anak dan pelatih bola itu terjebak di gua selama dua minggu setelah terhadang air hujan yang membanjiri gua.

Enam Anggota Tim Sepakbola Remaja Thailand Berhasil Dievakuasi
(REUTERS/Soe Zeya Tun)
Tentara dan tim penyelamat bekerja dekat komplek gua Tham Luang, melanjutkan pencarian anggota tim sepak bola U-16 dan pelatih mereka, di selatan provinsi Chiang Rai, Thailand, Senin (2/7/2018). 

POS KUPANGCOM - - Enam anggota tim sepakbola remaja yang terjebak dua minggu di dalam gua Tham Luang di Thailand berhasil dievakuasi dengan selamat.

Dua anak laki-laki pertama tim akademi Wild Boar mencapai permukaan sebelum pukul 18.00 waktu setempat.

18 penyelam pun memulai misi penyelamatan pada hari Minggu untuk membebaskan 12 anak dan pelatih mereka dari dalam gua di Provinsi Chiang Rai di Utara Thailand itu.

Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, mengatakan hari ini kondisinya paling baik untuk melakukan penyelamatan sejak mereka ditemukan oleh penyelam gua asal Inggris pada Senin malam.

Anak-anak dan pelatih bola itu terjebak di gua selama dua minggu setelah terhadang air hujan yang membanjiri gua.

"Ini adalah hari H. Anak-anak itu siap menghadapi tantangan," kata ketua regu penyelamat Narongsak Osottanakorn pada para awak media di dekat situs gua mengingat cuaca diramalkan akan turun hujan monsoon pada Minggu malam yang akan menyebabkan banjir di gua semakin parah.

Setelah musim kering yang tidak semestinya, dan upaya keras untuk memompa air banjir dari dalam lorong sempit sepanjang 2,5 mil untuk memisahkan anak-anak dari pintu keluar, air sekarang berada pada tingkat "terendah" hingga saat ini dan sebagian besar jalurnya dapat dilalui, katanya.

"Badai baru akan datang. Jika kita menunggu dan air hujan masuk, kesiapan kita akan lebih rendah dari sekarang," kata gubernur.
"Saya mengkonfirmasi bahwa anak-anak tahu tentang misi ini dan mereka bersedia dan siap untuk keluar."

Tim penyelamat terdiri dari 13 penyelam internasional dan lima angkatan laut Thailand. Operasi penyelamatan dimulai pukul 10 pagi dan anak-anak lelaki, berusia 11-16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun, akan dibawa keluar satu per satu, dan masing-masing ditemani oleh dua penyelam.

Mayor Jenderal Chalongchai Chaiyakam mengatakan seluruh operasi bisa memakan waktu sekitar dua hingga empat hari, "tergantung pada kondisi cuaca dan air".

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved