Berita Labuan Bajo

Kadis Pariwisata Manggarai Barat Ditahan Jaksa

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Theodorus Suhardi, ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuan Bajo

Kadis Pariwisata Manggarai Barat Ditahan Jaksa
pos kupang.com, servan mammilianus
Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Mabar saat keluar dari Kantor Kejari Labuan Bajo untuk naik kendaraan menuju rumah sakit sebelum ditahan di ruang tahanan Polres Mabar. 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM, LABUAN BAJO| Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Theodorus Suhardi, ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuan Bajo, Jumat (6/7/2018) sore.

Sebelum dibawa untuk dititip di ruang tahanan Polres Mabar, dia dihantar ke RSUD Komodo terlebih dahulu untuk diperiksa kesehatan, sekitar pukul 18.00 Wita.
Pada hari itu, Theo awalnya diperiksa mulai pagi jam 09.00 Wita sampai 12.15 Wita sebagai tersangka kasus Sail Komodo tahun 2013 lalu.

Lalu dia pulang ke rumah untuk istrahat makan siang dan kembali ke Kantor Kejari pukul 14.00 Wita untuk diperiksa lagi.

Pada minggu lalu, dia juga sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut.
Selain Kadis, Jumat itu juga Kejari memeriksa tersangka lain dalam kasus tersebut, Yosefus Sukardi yang menjabat bendahara pengeluaran tahun 2013 saat Sail Komodo berlangsung.

Dia juga sebelumnya pernah diperiksa sebagai saksi pada minggu lalu dan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka bersama Theodorus.
Jumat sore itu keduanya sama-sama ditahan.

Saat keluar dari ruang pemeriksaan Jumat sore, Theo mengenakan rompi tahanan berwarna orens.
Kepada wartawan dia mengatakan akan mengajukan pra peradilan.

"Biasa saja, tidak ada perubahan apa-apa. Kami lakukan pra peradilan dan sudah didaftar ke Pengadilan Negeri karena kami merasa benar," kata Theo yang berusaha tegar.
Dia menyampaikan bahwa saat diperiksa jaksa, banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya.
Lalu dia naik kendaraan menuju RSUD didampingi petugas kejaksaan serta dikawal anggota kepolisian dari Polres Mabar.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Labuan Bajo, Yulius Sigit Kristanto, menjelaskan kepada wartawan bahwa penahanan dilakukan karena beberapa alasan.

"Ada tiga alasan, yaitu pertama ada kekwatiran penyidik jangan sampai yang bersangkutan melarikan diri, kedua kekwatiran jangan sampai melakukan perbuatan pidana lagi dan ketiga, jangan sampai menghilangkan barang bukti," kata Yulius.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved