Pemilihan Legislatif 2019

Ini Alasan Mengapa Partai Golkar NTT Belum Masukan Berkas ke KPU

Partai Golkar NTT belum memasukan atau mengajukan berkas atau dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU NTT.

Ini Alasan Mengapa Partai Golkar NTT Belum Masukan Berkas ke KPU
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Melki Laka Lena 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG --- DPD I Partai Golkar NTT belum memasukan atau mengajukan berkas atau dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU NTT. Alasannya, masih melengkapi semua berkas secara sempurna barulah diajukan sekaligus.
Hal ini disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena kepada Pos Kupang, Kamis (5/7/2018).

Melki dikonfirmasi mengapa sampai hari kedua pengajuan berkas bacaleg, namun DPD I Partai Golkar

Menurut Melki, semua dokumen pencalegan sementara dilengkapi oleh bacaleg secara baik dan sempurna barulah diserahkan satu kali ke KPU. "Secara teknis administrasi caleg cukup rumit , sehingga kami minta semua dilengkapi dulu baru diserahkan secara serentak," kata Melki.

Dijelaskan, sesuai jadwal maka penyerahan berkas hingga 17 Juli 2018 dan secara umum semua telah dipersiapkan oleh bacaleg terutama menyangkut syarat pencalonan sehingga setelah rampung akan diserahkan ke parpol untuk diajukan ke KPU. "Semua bacaleg pada tingkatan baik DPR RI,DPRD NTT dan DORD kabupaten dan kota sudah siap. Namun, kami minta supaya difinalkan atau dilihat secara baik lagi oleh teman-teman khusus di DPD II Partai Golkar se-NTT," kata Melki.

Dikatakan, bacaleg yang ada di setiap dapil mulai dari DPRD kabupaten dan kota se - NTT, DPRD Provinsi dan DPR RI rata rata mencapai 150 persen sehingga pihaknya harus melakukan seleksi lagi. "Semua bacaleg kami mencapai 150 persen, karena itu, memang kami harus seleksi secara ketat agar menjadi 100 persen," katanya.

Sedangkan soal keterwakilan perempuan 30 persen, ia mengakui syarat bacaleg perempuan minimal 30 persen di semua tingkatan dan dapil telah memenuhi aturan sebagaimana di dalam PKPU No 8/2018.

"Jadi untuk keterwakilan perempuan 30 persen semuanya sudah lengkap dan memenuhi syarat,termasuk susunan keterwakilan perempuan dalam daftat bacaleg semua tingkatan," ujarnya.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved