Berita Kota Kupang

Hari Kedua Pengajuan Berkas Bacaleg, Belum Ada Parpol Yang Ajukan Berkas ke KPU NTT

Maryanti dikonfirmasi terkait pemasukan berkas bacaleg DPRD NTT oleh Parpol tingkat Provinsi NTT.

Hari Kedua Pengajuan Berkas Bacaleg,  Belum Ada Parpol Yang Ajukan Berkas ke KPU NTT
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Hari kedua pengajuan berkas bakal calon legislatif (bacaleg), belum ada satupun partai politik (parpol) tingkat Provinsi NTT yang memasukan berkas bacaleg. Jangka waktu pengajuan akan berakhir pada 17 Juli 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua KPU NTT, Maryanti Hermina Luturmas Adoe M.Si kepada Pos Kupang, Kamis (5/7/2018).

Maryanti dikonfirmasi terkait pemasukan berkas bacaleg DPRD NTT oleh Parpol tingkat Provinsi NTT.

Menurut Maryanti, hari kedua pengajuan berkas bacaleg oleh parpol tingkat provinsi NTT, belum ada satupun parpol yang mengajukan berkas bacaleg. Meski begitu KPU NTT tetap menunggu setiap hari kerja hingga pukul 16:00 wita.

"Kami tentu tunggu saja selama rentang waktu pengajuan berkas bacaleg oleh parpol. Sudah dua hari,sejak kemarin, namun belum ada parpol yang mengajukan dokumen syarat bacaleg atau berkas bacaleg," kata Maryanti.

Dia menjelaskan, waktu yang ditetapkan dalam regulasi, pengajuan berkas pencalegan bacaleg oleh parpol sudah dimulai sejak 4 Juli 2018 dan akan berlangsung sampai 17 Juli 2018 pada setiap hari mulai pukul 08:00 wita sampai pukul 16:00 wita.

"Khusus untuk tanggal 17 Juli, jika masih ada parpol yang belum masukan berkas, kami akan tunggu sampai pukul 24:00 wita," katanya.

Dia mengharapkan, para pimpinan parpol atau pengurus parpol bisa memperhatikan hak ini agar pengajuan berkas itu sudah dilakukan pada awal-awal pembukaan.

"Kami berharap parpol bisa gunakan waktu sejak awal pembukaan pengajuan berkas, dari pada sudah mau injury time baru ramai-,ramai datang," ujarnya.

Dan mengatakan, seesuai pengalaman, biasanya banyak parpol yang memanfaatkan waktu -waktu terakhir untuk memasuk berkas pencalegan.

"Padahal, saat itu adalah saat kritis, sehinga kami harapkan parpol bisa manfaatkan waktu lebih awal untuk mengakukan berkas bacaleg. Dengan masukan secara awal, memberikan waktu juga bagi KPU untuk melakukan verifikasi," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Teknis KPU NTT, Thomas Dohu, S.Hut, M.Si mengatakan, hari pertama pembukaan pemasukan berkas bacaleg, memang belum ada parpol yang mengajukan berkas bacaleg.

"Kecuali ada parpol yang datang untuk konsultasi kepada kami. Ada parpol yang datang konsultasi soal syarat pencalonan dan ada yang datang untuk menyampaikan soal kepengurusan parpol yang ‎ganda," kata Thomas.

Menurut Thomas, ada dua parpol yang datang ke KPU NTT untuk melakukan konsultasi, yaitu, Partai Perindo NTT, berkonsultasi mengenai ‎syarat pencalonan dan Partai Berkarya NTT, menyampaikan persoalan dualisme kepenguruan di NTT.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved