Keluarga Anis Platin Kecewa Pemda Flotim Tidak Adil Perlakukan Korban TKI

salah satu warga Flotim jadi korban kecelakaan speedboat di perairan Sebatik Malaysia-Nunukan tidak difasilitasi dipulangkan pemerintah.

Keluarga Anis Platin Kecewa Pemda Flotim Tidak Adil Perlakukan Korban TKI
pos kupang.com, feliks janggu
Dosen Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Larantuka Krisantus M.Kwen, S.Pd.,M.Th

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA-- Krisantus M.Kwen, Ketua PADMA Indonesi Wilayah Flores Timur, Lembata dan Alor menyampaikan kekecewaan keluarga Anis Platin kepada pemerintah daerah Flores Timur dan BP3TKI NTT.

Pasalnya jenazah Anis Platin (54) salah satu warga Flotim jadi korban kecelakaan speedboat di perairan Sebatik Malaysia-Nunukan tidak difasilitasi dipulangkan pemerintah.

"Anis Platin ini juga seorang TKI, kerjanya itu antara Malaysia-Nunukan, bukan kerja di Nunukan," kata San Kwen menghubungi POS-KUPANG.COM Rabu (4/7/2018).

San Kwen mengkritik atas dasar apa terjadi pilih kasih perlakuan BP3TKI dan Pemda Flotim atas bencana yang menimpa korban.

"Kalau mereka tidak bisa dilayani negara karena mereka adalah TKI Ilegal, apakah mereka adalah warga Indonesia Ilegal? Ini bencana kemanusiaan dan mereka semua adalah korban," kritik Dosen Stipas Reinha Rosari Larantuka itu.

San Kwen berharap Pemda Flotim dan BP3TKI atau BNPB tetap memfasilitasi Anis Platin pulang karena keluarga masih dalam kesulitan.

"Kita harapkan pemda Flotim memikirkan ulang kebijakan pilih kasih seperti ini," kata San Kwen.

Kadis Tenaga Kerja Flotim Emanuel Lamury sebelumnya Selasa (3/7/2018) menjelaskan pemulangan para jenazah difasilitasi oleh BP3TKI Nunukan dan BP3TKI NTT.

Pemda Flotim hanya memfasilitasi penjemputan dari Maumere sampai ke kampung halamannya.

Mengapa jenazah Anis Platin tidak difasilitasi pulang oleh BP3TKI, kata Eman Lamury mengatakan almarhum Anis Platin ternyata bukan TKI, tapi bekerja di Nunukan.(*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved