Mau Daftar Caleg? Urus Surat Keterangan Sehat Tak Harus dari RSU Prof. WZ Johannes Kupang

Bisa dari rumah sakit lain selain dari RSUD Prof. W.Z Johannes Kupang, asalkan dalam surat keterangan sehatnya juga dicantum hasil pemeriksaan

Mau Daftar Caleg? Urus Surat Keterangan Sehat Tak Harus dari RSU Prof. WZ Johannes Kupang
pos kupang.com, dion kota
Santi Soinbala, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada Serentak, KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Banyaknya keluhan dari masyarakat yang hendak mendaftar sebagai calon legislatif (Caleg) terkait syarat surat keterangan sehat yang harus diurus di rumah sakit yang ditentukan KPU dalam surat edaran 267, membuat KPU segera merespon dengan surat edaran KPU RI 633 terkait syarat surat keterangan sehat.

Dalam surat edaran KPU RI 633, menyebutkan jika surat keterangan bisa diurus di rumah sakit pemerintah lainnya selain yang dicantumkan dalam surat edaran 267, asalkan dalam surat keterangan sehat tersebut juga dicantumkan hasil pemeriksaan kesehatan.

Hal ini diungkapkan Santi Soinbala, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada Serentak, KPU Kabupaten TTS ketika dikonfirmasi pos kupang, Selasa ( 3/7/2018) terkait keluhan tentangan syarat surat keterangan sehat.

Ia mengaku, dalam sosialisasi pembukaan pendaftaran caleg beberapa waktu lalu, dirinya menerima banyak keluhan dari masyarakat yang hendak mendaftar sebagai Caleg terkait syarat surat keterangan sehat tersebut.

Namun, untuk diketahui dalam surat edaran terbaru KPU RI 633 terkait syarat pendaftaran caleg, KPU menegaskan surat keterangan sehat bisa diurus di rumah pemerintah selain dari rumah sakit yang telah ditentukan dalam surat edaran KPU RI 627, asalkan dalam surat keterangan sehat tersebut juga dicantumkan hasil pemeriksaan kesehatannya.

" Bisa dari rumah sakit lain selain dari RSUD Prof. W.Z Johannes Kupang, asalkan dalam surat keterangan sehatnya juga dicantum hasil pemeriksaan kesehatannya," ungkap Santi.

Terpisah, Direktur RSUD Soe, dr. Ria Tahun yang dikonfirmasi pos kupang melalui kepala tata usaha RSUD Soe, Richardus Sareng mengatakan, sudah banyak bakal caleg yang mengurus surat keterangan bebas narkoba di RSUD Soe.

Ia mengatakan, RSUD Soe telah menjalin kerjasama dengan BNN untuk membuat surat keterangan bebas narkoba. Dua orang dokter dari RSUD Soe telah memiliki sertifikat dari BNN sehingga bisa menerbitkan surat keterangan bebas narkoba.

Hingga saat ini, sudah 792 bakal caleg, baik untuk Kabupaten maupun propinsi yang membuat surat keterangan bebas narkoba di RSUD Soe.

" Surat keterangan bebas narkoba yang kita keluarkan sekaligus dengan surat keterangan sehat. Jadi, masyarakat yang hendak mengurus surat keterangan bebas narkoba lebih dahulu dilakukan tes kesehatan. Untuk biaya pengurusan surat keterangan bebas narkoba Rp.250.000 dan keterangan sehatnya Rp.85.000, sehingga total Rp.335.000," ungkap Richardus. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved