Breaking News:

Rabu 27 Juni Besok Libur Nasional, Hati-hati Ada Keppres Palsu Beredar!

Meski sama-sama menyinggung soal libur nasional pada tanggal 27 Juni 2018, namun nomor surat keprresnya berbeda.

Editor: Bebet I Hidayat
KOMPAS.COM
Ilustrasi Pilkada 

POS KUPANG.COM -- Tanggal 27 Juni 2018 besok ditetapkan sebagai hari libur nasional. Pada hari Rabu Pon ini, bertepatan dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, baik provinsi maupun kabupaten.

Ada sebanyak 171 daerah yang mengadakan Pilkada serentak. "Soal libur, KPU mengusulkan agar libur tidak hanya di 171 daerah (yang mengadakan Pilkada) saja," kata Wiranto dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Pasalnya bila tidak diliburkan secara nasional, dikhawatirkan akan ada pengerahan massa di daerah-daerah yang tidak mengadakan Pilkada. "Akan ada mobilisasi massa di luar 171 daerah," katanya.

Baca: Kasihan, 9 Kepala Daerah Tak Dapat Restu KPK Untuk Coblos, Siapa Mereka?

Baca: Simak Ramalan Zodiak Edisi Selasa 26 Juni 2018, Taurus Harus Tetap Fokus ya!

Baca: KPUD Flotim Fasilitasi A5 Bagi Pasien di Rumah Sakit

Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut, kebijakan libur nasional dilakukan dengan pertimbangan pekerja-pekerja yang memiliki hak pilih namun bekerja di luar daerah pemilihan.

"Misal DKI (Jakarta) tidak Pilkada tapi mayoritas pekerja dari swasta pegawai negeri tinggalnya di Depok, Bogor, Tangsel dan Bekasi. Itu bagaimana?" tutur Tjahjo. 

Pada 27 Juni 2018 akan digelar pemungutan suara dalam Pilkada Serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT.

Penetapan libur nasional pada 27 Juni 2018 ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres).

"Keppres soal libur nasional tanggal 27 Juni sudah ditandatangani Presiden," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Saptopribowo kepada Kompas.com, Senin (25/6/2018).

Penetapan libur nasional itu tertuang dalam Keppres Nomor 15 Tahun 2018.

Hanya saja, beredar beberapa versi Keppres tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Meski sama-sama menyinggung soal libur nasional pada tanggal 27 Juni 2018, namun nomor surat keprresnya berbeda.

Baca: Intip Gaji Sejumlah Staf Istana Buckingham, Tenaga Medsos Gajinya Rp 1 Miliar

Baca: Berminat? Pertamina Cari Karyawan 3 Posisi Tamatan SMA D3 Hingga S1 Semua Jurusan

Baca: Pacarnya Pamer Cincin Rp 11,5 Miliar. Ronaldo Dikabarkan Bakal Menikah. Benarkah?

Ada Keppres Nomor 15 Tahun 2018, dan ada yang bernomor 48 Tahun 2018. Selain itu juga Nomor 14 Tahun 2018.

"Ada perbaikan nomor keppres," kata Johan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam siaran persnya menyebutkan, Presiden Jokowi telah secara resmi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional. (pos-kupang.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved