Solusi Atasi Kebakaran di Flotim Kasat Pol PP Bilang Butuh Sumber Mata Air Khusus

Kita cari mata air di dalam kota dan lakukan pengeboran. Harus juga ada bak penampung, tapi yang utama ini adalah mata air

Solusi Atasi Kebakaran di Flotim Kasat Pol PP Bilang Butuh Sumber Mata Air Khusus
pos kupang.com, feliks janggu
Donatus Kopong Weran, Kasat Pol PP Flotim

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Kasat Pol PP Flotim Donatus Kopong Weran memberikan usulan bagaimana cara mengatasi masalah kebakaran di Kota Larantuka Flores Timur.

Donatus Weran kepada POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya Kamis (21/6/2018) mengusulkan pertama harus dilakukan hadus ada mata air khusus di Kota Larantuka yang bisa diambil kapan saja untuk kepentingan mobil Damkar.

Sampai saat ini, untuk mendapatkan air demi kepentingan mobil Damkar, harus menyewa air dari sumur warga. Pasalnya setiap tiga hari sekali, airnya harus diganti.

"Kita cari mata air di dalam kota dan lakukan pengeboran. Harus juga ada bak penampung, tapi yang utama ini adalah mata air," kata Donatus Weran.

Yang kedua, perlu ada posko pemadam kebakaran sehingga petugas pemadam kebakaran siap sedia kapan saja diperlukan.

"OPD mana saja yang operasikan Damkar, yang penting ada posko, ada mata air dan terakhir ada sumber daya manusia terlatih," kata Donatus Weran.

Ke depan Pol PP akan fokus meningkatkan sumber daya manusia agar bisa menunjang pengoperasian Damkar setiap kali diperlukan.

Namun, semua usulan tersebut bisa dilakukan, kata Donatus Weran kembali kepada political will pemerintah atau lembaga DPRD Flotim dalam merancang aturannya.

"Bagi saya yang utama saat ini adalah mata air khusus untuk Damkar, bak penampung dan pembenahan SDM. Kita Pol PP benahi SDM dulu," kata Donatus Weran.

Tahun 2018, kata Donatus Weran akan ada pengadaan tangki penampung air sehingga bisa digunakan saat diperlukan. Namun Damkar tetap harus didukung mata air yang memadai. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved