Petani Persawahan Mauhau Minta Petugas PPL Atasu Hama Padi

Para petani di persawahan Mauhau Irigasi Kambaniru minta PPL mengatasi hama padi.

Petani Persawahan Mauhau Minta Petugas PPL Atasu Hama Padi
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Bulir padi yang tidak berisi akibat diserang hama 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Para petani di persawahan Mauhau Irigasi Kambaniru di Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur meminta Kepada Pemerintah Daerah Sumba Timur melalui Dinas Pertanian setempat agar petugas PPL mencari jalan untuk memberikan solusi terbaik, untuk memberantas hama dan penyakit yang menyerang padi sawah milik mereka.

Baca: Bupati Sunur Pimpin Apel Mendadak, Apa yang Terjadi?

Permintaan tersebut disampaikan sejumlah petani setempat, Lasarus Mangiwie, Budi Kome dan Elisabeth Liha Nona ketika ditemui POS-KUPANG.COM di Mauhau, Kamis (21/6/2018).

Lasarus Mangiwie mengatakan, hama dan penyakit berupa hama wereng, burung, keong emas dan tikus tersebut selalu menyerang tanaman padi milik mereka pada setiap kali musim panen.

Betugas PPL dari Dinas Pertanian juga turun melihat lansung, namun apa yang disosialisasikan belum juga berhasil memberantas hama penyakit itu.

"Sehingga kita sebagai petani disini, meminta kepada petugas PPL mencarikan solusi terbaik untuk memberantas hama ini. Dan juga harus selalu datang memberikan sosialisasi,"ungkap Lasarus.

Budi Kome juga menambahkan, tidak juga dipersalahkan kepada petani, ataupun kepada petugas PPL. Petugas PPL selalu turun memberikan sosialisasi untuk memberantas hama padi sawah itu, namun tak kunjung berhasil.

"Ini kita petani juga dilemah, petugas pun dilemah, benar-benar bingung. Bagaimana cara ampuh untuk memberantas hama ini. Kita sudah berusaha lakukan pemberantasan dengan segala macam obat, tapi hasilnya juga tetap sia-sia,"ugkap Budi. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved