Walau Libur tapi Disdukcapil TTS Tetap Cetak e-KTP

bekerja di hari libur merupakan kesepakatan bersama para pegawai Disdukcapil TTS. Hal ini dilakukan mengingat pelaksanaan Pilkada

Walau Libur tapi Disdukcapil TTS Tetap Cetak e-KTP
POS KUPANG/DION KOTA
Kepala Disdukcapil Kabupaten TTS, Samuel Fallo sedang menunjukan e-KTP yang akan dibagikan dalam pembukaan bulan bakti gotong-royong.

POS KUPANG.COM, SOE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten TTS tetap bekerja walaupun saat ini tengah libur nasional perayaan Idul Fitri. Tak kurang dari 2000 e- KTP yang berhasil dicetak selama libur Idul Fitri kemarin.

Hal diungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten TTS, Samuel Fallo kepada pos kupang, Rabu ( 20/6/2018) di ruang kerjanya. I

a mengatakan, bekerja di hari libur merupakan kesepakatan bersama para pegawai Disdukcapil TTS. Hal ini dilakukan mengingat pelaksanaan Pilkada yang sudah semakin dekat. Selama kurang lebih dua minggu masa liburan, Disdukcapil TTS berhasil mencetak sekitar 2.000 e-KTP.

" Ini merupakan bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat apa lagi sebentar lagi kita akan melakukan Pilkada serentak. Oleh sebab itu, beradaan dokumen kependudukan sangat penting sehingga kita berinisiatif untuk melakukan pencetak dihari libur. Kita bekerja tanpa ada upah lembur sehingga ini benar-benar bekerja secara sukarela," ungkap Samuel.

e- KTP yang sudah dicetak lanjut Samuel, akan didistribusikan ke kecamatan pada Kamis (21/6/2018). Selanjutnya, para camat akan menyerahkan e-KTP yang sudah dicetak kepada para kepala desa untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat pemilik e-KTP.

" e- KTP yang dicetak ini sebagian merupakan hasil perekaman dari program pelayanan e-KTP masuk desa dan juga pelayanan reguler kita di kantor Disdukcapil. Jadi selama liburan ini, kita tidak melakukan pelayanan perekaman, tetapi kita hanya mencetak e- KTP dari masyarakat yang sudah melakukan perekaman," tegasnya.

Terpisah, Ketua DPRD TTS, Jean Neonufa mengaku sempat mendatangi kantor Disdukcapil TTS saat libur Idul Fitri lalu. Saat itu Jean melihat sendiri pegawai Disdukcapil tetap melakukan pencetakan walau sedang libur Idul Fitri. Dirinya memberikan apresiasi kepada Disdukcapil TTS yang tetap bekerja disaat sedang liburan.

Ia mengatakan, dari hasil pantauan di desa-desa, masih banyak warga TTS yang belum memiliki e-KTP padahal sebentar lagi akan dilakukan Pilkada serentak. Oleh sebab itu, dirinya berharap Disdukcapil terus bekerja maksimal agar warga TTS bisa memiliki e- KTP sabagai salah satu syarat untuk menyalurkan hak suaranya.

" Saya temukan di Desa Nefokoko ada 527 warga yang belum memiliki e-KTP. Oleh sebab itu, kita berharap Disdukcapil harus terus bekerja maksimal agar masyarakat TTS bisa memiliki dokumen kependudukan khususnya e-KTP. Untuk memaksimalkan pelayanan Disdukcapil, kita rencananya akan melakukan pengadaan alat perekaman tambahan di perubahan nanti sehingga pelayanan perekaman e-KTP di desa-desa bisa lebih maksimal," sebut Jean.

Diberitakan pos kupang sebelumnya, Sebanyak 500 keping e-KTP yang sudah dicetak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten TTS belum diambil pemiliknya. Padahal, e-KTP tersebut sudah selesai dicetak sejak bulan April lalu.(*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved