Mengerikan, 11 Tsunami Paling Mematikan yang Terjadi Pada Zaman Modern

Mengerikan, 11 Tsunami yang paling dasyat dan mematikan yang terjadi pada zaman modern, anda mesti tahu.

net
ilustrasi tsunami 

POS-KUPANG.COM -  Mengerikan, 11 Tsunami yang paling dasyat dan mematikan yang terjadi pada zaman modern, anda mesti tahu.

Kekuatan alam tak pernah bisa dilawan. Bencana gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) disertai tsunami yang menerjang kawasan pantai timur Pulau Honshu, Jepang pada hari Jumat (11/3/2011) pukul 02.46 waktu Tokyo lalu telah menunjukkan betapa dahsyat kekuatan itu. 

Akibat tsunami tersebut banyak bangunan dilaporkan hancur. gempa juga mengakibatkan terbakarnya kilang minyak di wilayah Honshu.

Ini merupakan tsunami terdahsyat ke-7 yang terjadi sepanjang sejarah, sejak tahun 1900.

Baca: Wajib Tahu, Tanda Akan Terjadinya Gempa Bumi, Apa Yang Mesti Kita Lakukan?

Baca: Kalau Lagi Marah, 6 Zodiak Ini Suka Mendiamkan Orang, Pasanganmu Termasuk?

Bahkan, rambatan gelombang tsunami dari Jepang sampai juga ke pulau-pulau di Kepulauan Hawaii di Samudra Pasifik pada hari Jumat (12/3/2011) dini hari.

Tinggi gelombang di sejumlah wilayah berbeda-beda, dari 48 cm sampai 1,8 meter, tetapi tidak menimbulkan kerusakan berarti. Gelombang paling tinggi dilaporkan menghantam wilayah Kahului, Maui, dengan ketinggian sekitar 1,8 meter.

Namun, di daerah lain tinggi gelombang jauh lebih rendah seperti Nawiliwili di Pulau Kauai hanya 48 sentimeter dan di Barbers Point, Oahu, sekitar 69 sentimeter.

”Sepertinya tidak akan menyebabkan kerusakan besar,” kata Gerard Fryer dari Pusat Peringatan Dini Tsunami Pasifik. Ia mengatakan gelombang kiriman yang sampai ke Hawaii sampai dua kali. Pertama, setinggi 1,8 meter dan diikuti gelombang kedua 15 menit kemudian setinggi 1,5 meter.

Hawaii yang berjarak sekitar 6.500 kilometer termasuk wilayah yang berpotensi terancam tsunami di Jepang karena berhadapan langsung di lautan lepas.

ilustrasi tsunami
ilustrasi tsunami ()

Sirine peringatan bahaya tsunami telah dibunyikan setiap satu jam sekali di Hawaii sejak peringatan dikeluarkan beberapa menit setelah gempa berkekuatan 8,9 skala Richter mengguncang Jepang. Warga dan turis pun telah dievakusi di tempat yang aman untuk mengantisipasi gelombang besar.

Halaman
1234
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved