Kiki Syahnakri Sebut Indonesia Berpotensi Konflik. Ini yang Harus Dilakukan Generasi Milineal

negara Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar ke empat dunia dengan kebinekaannya dan kemejemukan didalamnya.

Kiki Syahnakri Sebut Indonesia Berpotensi Konflik. Ini yang Harus Dilakukan Generasi Milineal
pos kupang.com, tommy nulangi
Kiki Syahnakri saat membawakan materi dalam dialog publik yang diselenggarakan oleh DPD Partai Golkar NTT di Kantor Golkar Jalan Frans Seda, Kota Kupang, Senin (18/6/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jendral TNI (Purn) Kiki Syahnakri mengatakan Indonesia sangat berpotensi mengalami konflik.

Hal itu disebabkan oleh tiga potret yang dimiliki Indonesia yang dapat membawa konsekwensi bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Kiki mengatakan itu saat menjadi pemateri dalam dialog publik yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi NTT di Kantor Golkar Jalan Frans Seda, Kota Kupang, Senin (18/6/2018).

Kiki menjelaskan, secara umum potret keindonesiaan ada tiga yakni Geografi, Demografi dan Kultur. Menurutnya, secara geografis negara Indonesia ada tiga ciri utama yakni negara kepulauan.

" Letaknya posisi silang antara dua benua dan dua samudra sehingga letaknya sangat strategis. 70 persen kapal dunia melewati perairan indonesi," kata Kiki.

Ciri lain, jelas Kiki, kekayaan sumber daya alam Indonesia yang sangat luar biasa. Menurutnya, kekayaan alam tersebut menimbukan Indonesia berada dalam kepentingan asing.

Potret kedua, jelas Kiki, demografis. Menurutnya negara Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar ke empat dunia dengan kebinekaannya dan kemejemukan didalamnya.

" Ada banyak budaya, agama, adat istiadat, suku, bahasa. Itu semua ada potensi konflik didalamnya," jelas Kiki.

Kiki menambahkan, ada ciri positif dalam kultur indonesia. ciri positif dalan kultur Indinesia diantaranya gotong royongn, musyawara, dan toleran.

Halaman
12
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved