Ini Penjelasan GM PT ASDP Cabang Kupang soal Lonjakkan Penumpang Kapal

Adapun jika sampai keberangkatan terlihat ada penambahan penumpang kapal kami Stand By dua kapal

Ini Penjelasan GM PT ASDP Cabang Kupang soal Lonjakkan Penumpang Kapal
pos kupang.com, gecio viana
Suasana pelabuhan Bolok Kupang, Senin (11/6/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana.

POS-KUPANG.COM l KUPANG - Burhan Zahim, General Manager PT ASDP Cabang Kupang mengatakan, Kenaikan jumlah penumpang kapal ferry tahun ini tidak terlalu signifikan karena dibanding tahun lalu, Senin (11/6/2018) siang.

Hal itu disampaikannya saat memantau aktivitas di pelabuhan Bolok Tenau Kupang, ia menjelaskan, faktor penyebab tidak melonjaknya pemudik tahun ini dikarenakan hari libur yang agak panjang sebelum lebaran sehingga tidak terlalu mendesak pengguna jasa untuk kembali ke kampung masing-masing.

Untuk hari Senin ini, ia mengaku armada kapal yang beroperasi melayani penumpang di pelabuhan Tenau Kupang ada dua kapal yakni KM Ilelabalekan dan KM Ranaka.

"Adapun jika sampai keberangkatan terlihat ada penambahan penumpang kapal kami Stand By dua kapal," katanya.

Terkait kapal milik PT Flobamor yakni KM Sirung yang tidak beroperasi melayani penumpang tujuan Kabupaten Ende ia mengaku, sebagai pengelola pelabuhan pihaknya telah diberitahukan terdapat kendala teknis, sehingga, lanjut Burhan, rencana pelayaran ke kabupaten Ende dibatalkan.

"Alasannya kondisi teknis dan sudah di Ram Check oleh BPTD dan KSOP," ungkap Burhan.

Ia menjelaskan, setelah persoalan itu di evaluasi atau diperkirakan tidak bisa diselesaikaj kendala teknisnya, sehingga penumpang tujuan kabupaten Ende hari ini bisa ke kabupaten Ende melalui jalur pelayaran via Kabupaten Sabu.

Sementara itu, pantauan POS-KUPANG.COM, jumlah penumpang kapal Ferry di H-5 hari Raya Idul Fitri ini mengalami lonjakan penumpang.

Terlihat ratusan penumpang memenuhi ruang tunggu dan tenda yang disediakan pengelola pelabuhan.

Minimnya sarana prasarana pelabuhan mengakibatkan para penumpang kapal yang menunggu beroperasinya kapal harus duduk dan beristirahat di bawah pohon dan emperan pelabuhan.

Terkait pengamanan pelabuhan, terdapat pos pelayanan dan pos penaduan serta sejumlah aparat dari Dinas Perhubungan, aparat kepolisian, KSOP, BASARNAS NTT, KP3 dan instansi terkait lainnya. (*)

Baca: Ini Tujuan Terbanyak Pemudik Lebaran di Bandara El Tari Kupang

Penulis: Gecio Viana
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved