TNI dan Pemerintah Bahas Perekonomian Masyarakat Perbatasan

elemen di Kabupaten Belu membahas pemberdayaan ekonomi masyarakat di perbatasan, khususnya di Desa Silawan

TNI dan Pemerintah Bahas Perekonomian Masyarakat Perbatasan
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Dialog interaktif tentang Peran TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Bersama Pemkab Belu Mendorong Peningkatan Kualitas SDM di Wilayah Perbatasan NKRI, di Desa Silawan, Jumat (8/6/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM|ATAMBUA--Sejumlah elemen di Kabupaten Belu membahas pemberdayaan ekonomi masyarakat di perbatasan, khususnya di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur.

Diskusi yang difasilitasi Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua itu melibatkan unsur Pemerintah Kabupaten Belu yang diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Satgas Pamtas Yonif 743/PSY, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI KBRI Dili-Timor Leste, Pastor Pembantu Paroki Atapupu, tokoh pemuda dan Kepala Desa Silawan.

Diskusi yang disiarkan langsung oleh RRI Atambua itu dilaksanakan kampung Jokowi, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Jumat (8/6/2018). Dialog interaktif ini mengangkat topik tentang "Peran TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Bersama Pemkan Belu Mendorong Peningkatan Kualitas SDM di Wilayah Perbatasan NKRI".

Disaksikan Pos Kupang.Com, para narasumber memberikan banyak ide atau gagasan dalam mengembangkan perekonomian dan SDM masyarakat Desa Silawan. Gagasan yang muncul itu akan ditindaklanjuti oleh masing-masing stakeholder sesuai perannya masing-masing.

Seperti Dinas Pendidikan Kebudayaan akan membina dan menyiapkan SDM yang trampil. Kemudian, pemerintah desa bisa mengintervensi program-program keratif yang dikembangkan masyarakat agar tetap berlanjut serta mengalokasikan anggaran untuk pembinaan dan pelatihan kerja masyarakat.

Sedangkan Satgas Pamtas memainkan peran dalam pembinaan mental, keamanan wilayah dan pendampingan masyarakat.

Kemudian, tokoh agama menanamkan pritualitas masyarakat agar menjadi manusia yang jujur, kerja keras dan bermoral.

Kegiatan dialog interaktif ini dihadiri Kepala LPP RRI Atambua, Paulus Laiyan, anggota TNI dan masyarakat setempat.

Narasumber yang hadir adalah Dansatgas Pamtas Yonif 743/PSY, Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI KBRI Dili-Timor Leste, Dr. Ir. Sederco Melatunan, Msc, tokoh agama, Romo Yoris Giri, Pr, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Marsianus Loe Mau dan Kepala Desa Silawan, Ferdinandus Monis Bili. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved