Pemilih Pemula Pilkada Ende Sebanyak 22.915 Orang

pada saat pendaftaran nama-nama para pemilih pemula telah ikut dimasukan sebagai orang yang ikut memilih.

Pemilih Pemula Pilkada Ende Sebanyak 22.915 Orang
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Anggota KPUD Kabupaten Ende, Frans Lotar Piara 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romoaldus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Pemilih pemula untuk Pilkada Kabupaten Ende sebanyak 22.915 orang. Pemilih pemula tersebut adalah mereka yang baru pertama kali mengikuti proses pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende.

Anggota KPUD Kabupaten Ende,Frans Lotar Piara mengatakan hal itu menjawab Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (7/6/2018) ketika dikonfirmasi mengenai jumlah pemilih pemula untuk Pilkada Kabupaten Ende.

Frans mengatakan pemilih pemula tersebut sudah termasuk didalam jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Ende sebanyak 161.786 karena memang pada saat pendaftaran nama-nama para pemilih pemula telah ikut dimasukan sebagai orang yang ikut memilih.

Frans mengatakan bahwa terkait dengan pemilih pemula, KPUD Kabupaten Ende telah beberapa kali melakukan sosialisasi dengan sasaran pemilih pemula agar mereka bisa mengikuti berbagai tahapan pada pelaksanaan Pilkada dengan baik dan benar.

“Iya kami hamper semua anggota komisioner KPUD Kabupaten Ende beberapa kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama pemilih pemula. Kami datangi  sekolah SMA dan SMK baik yang ada didalam kota maupun diluar kota guna melakukan sosialisasi terkait dengan pelaksnaan Pilkada Kabupaten Ende,”kata Frans.

Kepada para pemilih pemula Frans meminta agar segera melengkapi diri dengan E-KTP apabila belum memiliki E-KTP atapun surat keterangan (Suket) sehingga dengan demikian bisa memenfaatkan hak mereka pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Secara umum untuk dapat mencoblos di TPS setiap wajib pilih harus mengantongi E-KTP atau suket yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sedang mengurus E-KTP karena hanya dengan E-KTP dan suket seseorang baru bisa mengikuti pencoblosan,”kata Frans.

Frans mengajak kepada pemilih pemula agar jangan membuang kesempatan untuk mengikuti tahapan Pilkada Kabupaten Ende karena hal itu merupakan kesempatan perdana bagi mereka dalam hal politik.

“Meskipun mungkin sedang sibuk dengan teman-teman namun demikian diharapkan bisa meluangkan waktu untuk melakukan pencoblosan di TPS toh waktunya juga tidak lama di TPS,”kata Frans.

Menurut Frans jumlah pemilih pemula sebanyak 22.915 adalah jumlah yang sebenarnya cukup banyak bahkan ikut menentukan proses Pilkada Kabupaten Ende jadi dengan demikian jangan buang kesempatan yang ada karena bagaimanapun masa depan daerah dan bangsa ini ada tangan generasi muda.   (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved