Panwaslihcam Temukan Dugaan Pelanggaran Kampanye di Taebenu

Panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslihcam) Taebenu, Kabupaten Kupang menemukan dugaan pelanggaran kampanye

Panwaslihcam Temukan Dugaan Pelanggaran Kampanye di Taebenu
ISTIMEWA
Koordinator Divisi Hukum, Penanganan dan Penyelesaian Sengketa, Panwaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edy Hayon

POS-KUPANG.COM|OELAMASI--Panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslihcam) Taebenu, Kabupaten Kupang menemukan dugaan pelanggaran kampanye oleh pasangan calon (paslon).

Pelanggaran terutama soal jadwal kampanye dimana paslon Korinus Masneno-Jerry Manafe (Paket Komitmen) diusung Partai Golkar dan NasDem nomor urut dua, dalam jadwal berkampanye di Taebenu atau zona 4 tetapi paslon lain, Nelson O Matara dan Bernard Bait diusung PDIP dan PKB juga ikut berkampanye di Taebenu walaupun dalam jadwal Tirosa harus seharusnya berkampanye di zona 5 yakni di Amarasi.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan dan Penyelesaian Sengketa, Panwaslih Kabupaten Kupang, Martony Reo, kepada Pos Kupang, Kamis (7/6/2018), menjelaskan, temuan dugaan pelanggaran kampanye diluar jadwal oleh Paslon Tirosa di Kecamatan Taebenu pada tanggal 27 Juni 2018 oleh panwascamkec Taebenu yang sebenarnya jadwal Paslon Komiten.

Paslon Tirosa di Zona 5 atau Kecamatan Amarasi. Sesuai jadwal, Paslon Komitmen di Zona 4 meliputi Kecamatan Taebenu, Nekamese, Kupang Tengah, Kupang Barat dan Semau.

Menurut Toni, alasan Paslon Tirosa bahwa bukan kampanye tapi makan sirih pinang tetapi yang menarik dalam pertemuan ada penyampaian visi misi dan membagi stiker.

Hal ini dicegat panwascam tapi tidak diindahkan paslon. Karena itu dijadikan temuan dugaan pelanggaran.

Sangkaan temuan dimaksud pada pasal 69 huruf k UU no 10 tahun 2016, sementara pasal pidana 187 UU yang sama.

Penyelidikan sementara dilakukan oleh tim sentra penegakan hukum terpadu panwaslu Kab Kupang selama 5 hari terhitung tanggal 2-6 Juni 2018.

Secara terpisah, Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk, melalui juru bicara, Imanuel Ballo, mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang masih menunggu pengiriman surat suara pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kupang dari PT Temprina Surabaya, Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved