Siswa-siswi SMPK Santo Yoseph Kupang Antusias Belajar Jurnalistik

Sebanyak 215 siswa-siswi dari SMPK Santo Yoseph Kupang mengunjungi Kantor Harian Pos Kupang, Rabu (30/5/2018) pagi

Siswa-siswi SMPK Santo Yoseph Kupang Antusias Belajar Jurnalistik
POS KUPANG/EFLIN ROTE
Pemimpin Redaksi Harian Pos Kupang, Dion DB Putra bersama Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Kupang, Romo Amance Ninu memberikan penjelasan terkait dunia jurnalistik kepada siswa-siswi SMPK Santo Yoseph Kupang, Rabu (30/5/2018) di Kantor Harian Pagi Pos Kupang.

 Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Eflin Rote

 POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sebanyak 215  siswa-siswi dari SMPK Santo Yoseph Kupang mengunjungi Kantor Harian Pos Kupang, Rabu (30/5/2018) pagi. Mereka terlihat antusias belajar jurnalistik di koran yang telah eksis selama 25 tahun ini. 

 Pemimpin Harian Pos Kupang, Dion DB Putra menjelaskan secara rinci cara kerja redaksi Pos Kupang. Dimulai dari rapat menentukan isu hingga menghasilkan sebuah karya jurnalistik dalam bentuk koran dan berita-berita online.

 "Setiap pagi kami menentukan topik atau isu apa yang akan dijadikan bahan berita. Setelah itu nanti reporter atau wartawan diberi tugas untuk meliput. Nantinya, berita-berita dari wartawan dikirim setelah itu akan ada editor yang tugasnya memperhatikan tiap kata dan huruf dari tulisan yang dikirim wartawan dari lapangan,” ucap Dion DB Putra dihadapan siswa-siswi SMPK Santo Yoseph Kupang.

Selain koran cetak, Pos Kupang juga memiliki portal online yang setiap harinya mengupdate kejadian-kejadian yang ada di seluruh NTT. Dion juga mengatakan, Pos Kupang memiliki 4 model layanan berita.

“Empat model layanan berita itu masing-masing adalah real time news atau berita yang saat itu juga langsung disiarkan dari menit ke menit. Yang kedua Pos Kupang melayani pembaca melalui koran digital dalam bentuk PDF atau E-Paper. Selanjutnya dalam bentuk video atau live streaming dan yang terakhir dalam bentuk cetak. Satu sampai tiga formatnya dalam bentuk online,” tutur Dion.

Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph, Romo Amance Ninu berterimakasih kepada Harian Pos Kupang karena telah menerima kunjungan dari siswa-siswi dan memberikan gambaran tentang dunia jurnalistik kepada siswa-siswi SMPK Santo Yoseph Kupang.

 “Kami berharap dan mendukung Pos Kupang semoga semakin terdepan dalam mewartakan kebenaran kepada masyarakat. Pos Kupang ini juga selama ini telah banyak mendukung kegiatan-kegiatan di sekolah kami, contohnya kemarin saat sosialisasi safety reading.,” tuturnya.

Usai mendapatkan penjelasan tentang cara kerja jurnalistik, siswa-siswi juga diajak melihat ruang percetakan koran Pos Kupang. (*)

Penulis: Eflin Rote
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved