Bhabinkamtibmas Bisa Digunakan Sebagai Promosi Pariwisata

Wakapolres Kupang Kota, Jack Umbu Kaledi, mengatakan wisatawan domestik yang masuk di kota Kupang di tahun 2017 sekira 200 lebih.

Bhabinkamtibmas Bisa Digunakan Sebagai Promosi Pariwisata
POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
Rapat Koordinasi pemerintah dengan stakeholder terkait pembangunan pariwisata di Hall B Sylvia Hotel, Selasa (22/5/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wakapolres Kupang Kota, Jack Umbu Kaledi, mengatakan wisatawan domestik yang masuk di kota Kupang di tahun 2017 sekira 200 lebih.

Wisatawan lokal sudah mulai menggunakan aplikasi-aplikasi mulai dari rencana wisata, pelaksana wisata sampai kembali ke rumah mereka.

Katanya, pihak keamanan akan mendukung itu dan sudah pernah meluncurkan aplikasi Polisi Katong yang bisa diunduh di playstore dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca: Dua Polsek Ini Jadi Ujung Tombak Mendukung Pariwisata, Mana Ya?

"Kami juga menyiapkan PAM SWAKARSA yang berkaitan dengan Bhabinkamtibmas. Ada 51 orang Bhabin di 51 Kelurahan di kota Kupang. Dimana Bhabin sesuai fungsinya bermitra dengan masyarakat, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi wisata daerah, yang bisa diselipkan dengan program-program dari Dinas Pariwisata. Dengan harapan bisa langsung dapat menyentuh di masyarakat," tuturnya.

Ia menyarankan agar pemerintah bisa bekerja sama dengan Polsek untuk kerja sama peemrintah dengan polsek untuk bisa melakukan safari kamtibmas di Kelurahan bersama Bhabinkamtibmas.

Dalam safari tersebut, bisa disampaikam kepada warga bagaimana upaya mendukung pariwisata.

Selain itu, kata Kompol Jack, terkait IT yang saat ini terus berkembang, perlu adanya dukungan dari pemerintah yang bekerja sama dengan kepolisian untuk menciptakan sarana security yang begitu baik.

Seperti tersedianya cctv di ratusan titik, dengan demikian polisi tidak lagi sulit untuk melihat tindakan konvensional yang terjadi, sehingga bisa mengurangi beban kepolisian. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved