Tidak Ada Napi Teroris yang Dititipkan di NTT

Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT, Yudi Kurniadi mengatakan tidak ada napi terorisme di NTT

Tidak Ada Napi Teroris yang Dititipkan di NTT
POS-KUPANG.COM/Ryan Nong
Kepala Kanwil Kemenkumham NTT menyematkan pita merah putih pada pengukuhan pasukan merah putih narapidana dalam apel Harkitnas di Lapas Kelas II Kupang, Senin (21/5/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Informasi terkait adanya penitipan napi teroris ke lembaga pemasaran yang ada di Wilayah NTT dibantah oleh kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT, Yudi Kurniadi.

Menjawab Pos-Kupang.Com seusai Apel Harkitnas ke-110 Kanwil Kemenkumham NTT yang berlangsung di Lapangan Apel Lapas Kelas II, Jalan Matahari Kelurahan Oesapa Selatan Kupang pada Senin (21/5/2018) pagi, Yudi Kurniadi malah mempertanyakan informasi yang berkembang ini.

Baca: Bupati dan Wabup Sumba Timur Tabur Bunga di Kuburan Pahlawan

Yudi menjelaskan, sampai saat ini belum ada kebijakan di lingkungan Kemenkumham untuk memecah dan membagi napi teroris ke tempat lain di luar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, apalagi ke luar wilayah Pulau Jawa. Alasannya, lanjut Yudi, dari sisi pengamanannya, Lapas Nusakambangan dianggap jauh lebih baik .

"Infonya, semua napi teroris ditempatkan di Nusakambangan, karena di Nuskambangan menerapkan maksimum security," papar Yudi.

Orang nomor satu di kanwil Kemenkumham NTT itu malah mempertanyakan informasi yang beredar tersebut. Ia meminta isu itu harus diklarifkasi.

"Informasi (penitipan napi teroris) dari Nusakambangan belum ada, itu isu yang harus diklarifikasi," ungkapnya.

Namun Yudi tidak menampik jika ada perintah dari kantor pusat (Kemenkumham RI) untuk memindahkan atau menitipkan napi teroris ke NTT, maka pihaknya tetap siap untuk menindaklanjuti. "Kalau sudah ada perintah dari kantor pusat maka mau tak mau, kita harus laksanakan. Lapas harus siap," katanya.

Ia mengungkapkan hal itu menjadi tugas Kepala Lapas untuk mengatur dan membina narapidana yang dititipkan dan dibina di Lapas.

Apel bersama yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018 itu diikuti oleh seluruh unit pelaksana tugas (UPT) di lingkungan Kemenkumham NTT. Dalam apel yang mengambil tema pembangunan sumber daya manusia memperkuat fondasi kebangkitan nasional di era digital ini juga, Kakanwil Kemenkumham NTT mengukuhkan pasukan merah putih narapidana untuk menjadi pedoman bakti narapidana bagi merah putih dan negara.

Peserta apel terdiri dari pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Lapas Dewasa Kelas II Kupang, Lapas Anak, Lapas Wanita, Rumah Tahanan, Rubasan, Bapas, Kantor Imigrasi, Rudenim serta tiga regu perwakilan warga binaan lapas. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved