Ini Aturan Baru Moto GP Gara-gara Start Aneh Jack Miller di Argentina

Keputusan itu diambil karena sirkuit Termas de Rio Honda cepat mengering. Saat itu, karena kejadian sempat membingungkan, balapan diputuskan ditunda

Ini Aturan Baru Moto GP Gara-gara Start Aneh Jack Miller di Argentina
(MOTOGP.com)
Jack Miller, start sendirian paling depan di GP Argentina 2018. 

POS KUPANG.COM - MotoGP sekarang punya aturan main baru tentang prosedur grid start yang dirilis di Le Mans, Prancis, Jumat (18/5/2018).

Prosedur baru yang dibuat agar tidak kejadian lagi seperti di GP Argentina lalu ini bakal diterapkan mulai GP Italia pada awal Juni nanti.

Dalam posisi start di GP Argentina pada 8 April lalu, semua pebalap selain Jack Miller, memutuskan keluar grid untuk memakai sepeda motor kedua dengan ban kering.

Keputusan itu diambil karena sirkuit Termas de Rio Honda cepat mengering. Saat itu, karena kejadian sempat membingungkan, balapan diputuskan ditunda.

Kemudian akhirnya Miller, satu-satunya pebalap yang tidak bergerak dari grid, diberi keuntungan start enam baris di depan semua pebalap.

Prosedur baru

Biar tidak terulang kejadian seperti itu lagi, dilansir dari motorsport.com diputuskan setiap pebalap yang mengganti motor dengan ban berbeda setelah warm up bisa kembali ke urutan normal di grid.

Meski begitu, saat balapan dia harus menjalani penalti ride through (masuk ke lintasan pit).

Bila pebalap mengganti motor dengan pilihan ban yang sama, maka dia start di belakang grid atau berarti berada di nomor urut paling bontot. (*)

Baca: Rossi Tak Menyangka Bisa Tampil Bagus di Hari Pertama Sesi Latihan Bebas GP Le Mans

Tags
Moto GP
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved