Gempa Bumi 4,6 Skala Ricther di Sumba Barat Daya Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan 4,6 skala ricther yang terjadi di Sumba Barat Daya tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bumi 4,6 Skala Ricther di Sumba Barat Daya Tidak Berpotensi Tsunami
ISTIMEWA
Pusat gempa hasil analisis Stasiun Geofisika

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Gempa bumi berkekuatan 4,6 skala ricther yang terjadi di Sumba Barat Daya tidak berpotensi tsunami.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar,  Drs.M.Taufik Gunawan, Dipl.SEIS dalam press realise yang dikirim oleh pihak Stasiun Geofisika Waingapu melalui Group Watsapp Group Info BMKG Sumba, Sabtu (19/5/2018) sore, menjelaskan, hari Sabtu, 19 Mei 2018, pukul 15.54.45 WITA, beberapa wilayah di Waingapu diguncang gempa bumi tektonik.

Baca: Akhiri Masa Tugas September 2018, Ini Pesan Bupati Titu Eki

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,6 Skala ricther dengan episenter pada koordinat 9.27 LS dan 119.22 BT, tepatnya pada jarak sekitar 31 km arah Timur Laut Sumba Barat Daya, NTT dengan kedalaman 12 kilometer.

Gunawan menjelaskan, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan di Waingapu dan Labuan Bajo II Skala Intensitas Gempa bumi (SIG) BMKG atau III MMI dan Bima dan Waikabubak I Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II MMI hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Gunawan mengatakan, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi interplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gunawan juga menghimbau kepada warga di wilayah Waingapu dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved