Lika-liku Juragan Roti, TRuK Surati Presiden Jokowi. Suster Eusthochia Lukiskan Sangat Melelahkan

Menunggu sampai tiga tahun, 10 korban kasus juragan roti Toko Kaegi di Kota Maumere, Pulau Flores, akhirnya juga mendapatkan keadilan.

Lika-liku Juragan Roti, TRuK Surati Presiden Jokowi. Suster Eusthochia Lukiskan Sangat Melelahkan
POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO'A
Suster Eustochia, SSpS. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Menunggu sampai tiga tahun, 10 korban kasus juragan roti Toko Kaegi di Kota Maumere, Pulau Flores, akhirnya juga mendapatkan keadilan.

Pengalaman tidak menyenangkan dialami Tim Relawan untuk Kemanusiaan Flores (TRuK-F) mengadvokasi para korban ketika kasus ini bergulir di tingkat penyelidikan dan penyidikan Polres Sikka.

Baca: Perlakuan Nyonya Juragan Roti Lebih Kejam, Suster Eustochia: Kenapa Tidak Diproses Ya?

"Pada waktu itu (2015), penanganan di penyidikan sangat lamban. Kami bolak-balik menanyakannya, sampai ada aksi damai tanyakan kasus ini. Kami akhirnya juga menulis surat kepada Presiden Joko Widodo," kata Koordinator TRuK-F, Suster Eusthochia, SSpS, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (7/5/2018) di Maumere.

Baca: Ternyata Suami-Istri Pemilik Toko Roti Kaegi Bersama-sama Tinggal di Rutan Maumere

Dua hari setelah surat itu dikirim kepada Presiden RI, kata Suster Estho, mendapat tanggapan. "Segera setelah surat itu, berita acara pemeriksaan dilimpahkan kepada penuntut umum sampai disidang dan divonis di Pengadilan Negeri Maumere," kata Suster Estho.

Suster Estho belum mengetahui hambatan saat itu, namun pengalamanan mengadvokasi kasus Toko Roti Kaegi sungguh melelahkan menghabiskan tenaga, pikiran, waktu dan biaya.

"Ternyata perkara-perkara untuk orang-orang kecil sangat lama sekali prosesnya. Namun, saya akhirnya senang juga, sudah ada putusan kasasi MA," kata Suster Estho.

Juragan roti Budhi Swardi divonis empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta, sedangkan istrinya Ranti dihukum dua tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

Budhi telah dieksekusi jaksa ke Rutan Maumere, Jumat (4/5/2017), sedangkan Ranti belum dieksekusi karena baru selesai menjalani operasi cesar. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved