Karnaval Budaya Meriahkan Lewoleba, Polisi Terpaksa Alihkan Arus Kendaraan

Karnaval budaya memperingati hari ulang tahun (HUT) Ikatan Keluarga Adonara di Kabupaten Lembata berlangsung meriah.

Karnaval Budaya Meriahkan Lewoleba, Polisi Terpaksa Alihkan Arus Kendaraan
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Siswi SMA Frater Don Bosco Lewoleba sedang melakukan atraksi saat karnaval budaya di Lewoleba, Sabtu (28/4/2018) petang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Karnaval budaya memperingati hari ulang tahun (HUT) Ikatan Keluarga Adonara di Kabupaten Lembata berlangsung meriah. Sejumlah paguyuban di Lewoleba ikut memeriahkan karnaval tersebut.

Baca: Guru IPS Bukan Sekadar Mengajar di Kelas, Lalu Apa Lagi?

Karnaval budaya itu mengambil titik star mulai dari pelataran depan kantor lama Bupati Lembata, Sabtu (28/4/2018) petang. Acara berlangsung semarak, karena dimeriahkan pula oleh dua barisan drum band dan satu marching band dari SMA Frater Don Bosco Lewoleba.

Siswi SMA Negeri I Lewoleba sedang melakukan atraksi saat karnaval budaya di Lewoleba, Sabtu (28/4/2018) petang
Siswi SMA Negeri I Lewoleba sedang melakukan atraksi saat karnaval budaya di Lewoleba, Sabtu (28/4/2018) petang (POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN)

Lebih dari seribu peserta melewati sejumlah rute yang sudah ditetapkan. Sepanjang jalan yang dilalui, masyarakat kota Lewoleba berjubel di sisi jalan. Mereka tak henti-hentinya memberikan suport kepada para peserta.

Baca: Kadis Pendidikan Lembata Saksikan Pengukuhan Pengurus Fogipsi

Satu hal yang tak kalah menariknya, adalah Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora turun langsung mengamankan pelaksanaan karnaval. Ia mengerahkan seluruh personel polisi di mapolres setempat.

Janes malah mengikuti karnaval tersebut mulai dari garis star sampai pada garis finish. Sepanjang jalan, Kapolres Janes senantiasa memberikan instruksi terkait pengamanan yang harus dilakukan aparat kepolisian.

Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora saat mengamankan jalannya karnaval budaya di Lewoleba, Sabtu (28/4/2018)
Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora saat mengamankan jalannya karnaval budaya di Lewoleba, Sabtu (28/4/2018) (POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN)

Alhasil, meski ruas jalan itu padat oleh peserta maupun penonton, namun arus lalulintas senantiasa lancar. Arus kendaraan terpaksa dialihkan ke ruas jalan lain sehingga tidak mengganggu jalannya karnaval.

Arus kendaraan itu harus diatur sebaik mungkin karena pada sore yang sama, ada dua kegiatan yang digelar sekaligus, yakni karnaval budaya memperingati HUT Ikatan Keluarga Adonara di Lembata dan pentas seni budaya yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lembata. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved