Pilgub NTT

KPU Tindak Lanjut DPT Bermasalah di Tiga Daerah. Ini Solusinya

DPT pada 19 daerah itu sebanyak 2.688.061 pemilih. Jumlah ini belum final karena masih tunggu pleno dari tiga daerah

KPU Tindak Lanjut DPT Bermasalah di Tiga Daerah. Ini Solusinya
ISTIMEWA
Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe 

Laporan Reporter POS-KUPANG .COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT sedang menindaklanjuti atau mengambil langkah untuk mengatasi masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiga kabupaten. Tidak kabupaten harus memperbaiki DPT, yakni Kabupaten TTS, Sumba Barat Daya (SBD) dan Kabupaten Manggarai.

Hal ini disampaikan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe kepada Pos Kupang, Senin (23/4/2018).

Menurut Maryanti, ada tiga daerah yang DPT masih perlu ditindaklanjuti oleh KPU , yakni di TTS, SBD dan Manggarai. Tindak lanjut itu dilakukan KPU di tiga kabupaten itu dengan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.
"KPU masih tindak lanjut soal DPT di TTS, SDB dan Manggarai. KPU tiga daerah ini juga lakukan koordinasi dengan dengan masing-masing Dukcapil," kata Maryanti.

Dijelaskan, pada rapat pleno Sabtu (21/4/2018) lalu, hanya 19 daerah saja yang DPTnya telah final. Sedangkan tiga daerah belum dan baru akan dipleno pada 29 April 2018.

"DPT pada 19 daerah itu sebanyak 2.688.061 pemilih. Jumlah ini belum final karena masih tunggu pleno dari tiga daerah," katanya.

Dikatakan, dari hasil rekapan DPT dari 22 kabupaten dan kota, ternyata ada tiga kabupaten yang DPTnya perlu diperbaiki, karena masih ada pemilih yang belum dimasukkan dalam DPT. "Kita skors pleno DPT ini sampai 29 April 2018 nanti. Saat ini KPU di tiga kabupaten sedang berkoordinasi dengan Dukcapil masing-masing agar sempurnakan DPT," ujarnya.

Untuk diketahui, di tiga daerah itu, masih banyak pemilih yang belum terakomodir dalam DPT karena penduduk wajib pilih itu belum mengantongi e-KTP. Ada juga yang tidak memiliki kartu keluarga sehingga tidak terdata dalam data di Dukcapil. (*)

Baca: Ini Pesan Rektor Zainur Saat Melantik Pejabat Struktural di Lingkungan Kampus UMK

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved