KPU Sikka Klarifikasi Pernyataan Eman Kolfidus Mengenai Masalah DPT Pilgub dan Pilbup Sikka

Menurut dia, ada sekurangnya dua poin penting dari pernyataan anggota DPRD NTT, Eman Kolfidus dalam tubuh berita tersebut

KPU Sikka Klarifikasi Pernyataan Eman Kolfidus Mengenai Masalah DPT Pilgub dan Pilbup Sikka
Pos Kupang/Egy Moa
Juru bicara KPUD Sikka, Fery Soge 

POS-UPANG.COM, KUPANG -- Pernyataan anggota DPRD Provinsi NTT, Eman Kolfidus mengenai masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub dan Pilbup Sikka mendapat tanggapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka.

Kepada Pos Kupang, Senin (23/4/2018), Juru Bicara KPU Sikka, Fery Soge menyatakan, pihaknya sepenuh hati mengapresiasi berita yang dilansir Pos-Kupang.com, Minggu (22/4/2018), berjudul DPRD NTT Minta KPU Sikka Selesaikan Masalah DPT Pilgub.

"Karena hal ini merupakan bukti bahwa DPT merupakan tanggungjawab banyak pihak untuk kebaikan bersama," kata Fery Soge.

Menurut dia, ada sekurangnya dua poin penting dari pernyataan anggota DPRD NTT, Eman Kolfidus dalam tubuh berita tersebut yang perlu diklarifikasi KPU. Berikut ini penjelasan tertulis dari Fery Soge.

Poin pertama tercermin dalam pernyataan, "Banyak warga pemilih potensial yang belum terdata".

Terhadap hal ini, kiranya kami dapat memberi penjelasan sebagai berikut:

Baca: DPRD NTT Minta KPU Sikka Selesaikan Masalah DPT Pilgub

Dalam pleno penetapan DPS Kabupaten Sikka pada 16 Maret 2018, yang menetapkan angka DPS sebanyak 173.733 pemilih, terdapat 32.840 warga yang masuk kategori sebagai "Pemilih Potensial Non KTP Elektronik".

Daftar pemilih potensial non KTP Elektronik sebanyak 32.840 ini kemudian dikirim ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk ditelusuri apakah pemilih potensial sebanyak ini terdata dalam data base kependudukan Kabupaten Sikka.

Hasil penelusuran Dinas Dukcapil menyebutkan, dari 32.840 pemilih potensial ini, sebanyak 31.436 di antaranya ada dalam data base Dukcapil Sikka dan sebanyak 1.404 pemilih tidak terdapat dalam data base Dukcapil Sikka.

Halaman
123
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved