Kopi Manggarai dan Bajawa Hadir di Pameran Barcelona

Kopinusa membawa varian kopi arabika Manggarai dan Bajawa pada ajang pameran internasional Alimentaria 2018 di Barcelona, Spanyol, 16-19 April 2018.

Kopi Manggarai dan Bajawa Hadir di Pameran Barcelona
ISTIMEWA
Ketua Delegasi Kopinusa, Iwan Manasa (tengah) di Pameran Alimentaria di Fira de Barcelona, Gran Via, Katalunya, Spanyol, 16-19 April 2018. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Komunitas Kopi Nusantara (Kopinusa) membawa varian kopi arabika Manggarai dan Bajawa di Pulau Flores pada ajang pameran internasional Alimentaria 2018 di Barcelona, Spanyol, 16-19 April 2018.

Varian lainnya Kopi Osibil Papua, Rinjani Lombok, Toraja, Wonosobo Jawa Tengah, Kerinci Jambi, robusta Bengkulu hingga arabika Gayo Aceh.

Baca: Iwan Perkenalkan Kopi Kapsul Manggarai di Alimentaria

"Ini sinyal positif bagi Indonesia untuk meningkatkan 'market share' Kopi Nusantara khususnya di daratan Eropa," ujar Ketua Delegasi Kopinusa, Iwan Manasa, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (21/4/2018).

Pria asal Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, ini menjelaskan, Alimentaria adalah pameran dagang yang diselenggarakan dua tahun sekali di Fira de Barcelona, Gran Via. Lokasinya tepat di jantung Ibukota Katalunya, Spanyol.

Baca: Isteri Walikota Kupang Bagi-bagi Bose, Sei, dan Sambal Luat di TPA Alak

Alimentaria adalah "benchmark" perkembangan terkini industri makanan dan minuman dunia. Ajang ini sekaligus menjadi pusat pertemuan bisnis yang melibatkan produsen dan konsumen, pedagang dan pembeli serta eksportir dan importir.

Dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, Kopinusa hadir sebagai salah satu partisipan Alimentaria 2018, yang seluruhnya diikuti 3.500-an peserta dari 65 negara. Dari Indonesia, ada delapan partisipan yang dikoordinir Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Barcelona dan Atase Perdagangan KBRI Spanyol.

Baca: Walikota dan Wakil Walikota Kupang Tersenyum Festival Pangan Lokal Pecahkan Rekor Dunia

Ia mengatakan, berbagai varian dan kualitas Kopi Nusantara sudah lama dikenal dan masuk pasar internasional. Meningkatnya konsumsi kopi di berbagai negara seiring pergeseran gaya hidup menuju 'coffee lover', telah mendorong meningkatnya minat dan permintaan terhadap kopi-kopi Tanah Air.

Antusiasme kalangan pelaku bisnis, utamanya para 'buyer' di Eropa tampak ketika mereka menemui dan menjajaki kerja sama bisnis dengan Kopinusa di ajang pameran internasional ini. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved