WOW! DPT untuk Pemilu Ende 161.604 Pemilih

Pemilih terbesar juga di Kecamatan Ende Wewaria sebanyak 10.831 dan Kecamatan Ende sebanyak 10.077.

WOW! DPT untuk Pemilu Ende 161.604 Pemilih
pos kupang.com, romualdus pius
KPU Ende Menggelar Pleno Penetapan DPT, Kamis (19/4/2018).

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM, ENDE -Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Ende untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ende serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tahun 2018 sebanyak 161.604 dengan perincian perempuan sebanyak 86.055 serta laki-laki sebanyak 75.549 orang.

Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi kepada Pos Kupang.com, Jumat (20/4/2018) di Kantor KPU Kabupaten Ende ketika dikonfirmasi mengenai jumlah DPT untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ende serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

Florentinus mengatakan, DPT untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ende serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTT telah ditetapkan pada, Kamis malam (19/4/2018) di Kantor KPU Kabupaten Ende serta disaksikan oleh Panwaslu Kabupaten Ende maupun penghubung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ende serta PPK dari 21 kecamatan di Kabupaten Ende juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende maupun Anggota polisi.

"Iya proses penetapan DPT di Kantor KPU Ende berlangsung a lot karena ada sejumlah hal tehknis seperti pelaporan DPT dari PPK Kecamatan Ndona yang sempat bermasalah dan juga permasalahan di TPS 07 khusus Lapas Ende namun demikian meskipun berlangsung alot hingga tengah malam sekitar pukul 24.00 Wita akhirnya DPT untuk Kabupaten Ende bisa ditetapkan,"kata Florentinus.

Data yang diterima Pos Kupang.com dari Ketua KPU Kabupaten Ende menyatakan bahwa dari seluruh DPT yang ada di Kabupaten Ende pemilih yang terbesar di Kecamatan Ende Selatan dengan jumlah DPT sebanyak 15.564 disusul Kecamatan Ende Tengah sebanyak 13.991 dan Kecamatan Nangapanda sebanyak 13.345 serta Ende Timur sebanyak 11.112 dan Ende Utara sebanyak 10.205.

Pemilih terbesar juga di Kecamatan Ende Wewaria sebanyak 10.831 dan Kecamatan Ende sebanyak 10.077.

Florentinus mengatakan, khusus untuk TPS 07 di Lapas Ende memang sempat menjadi bahan perdebatan juga diskusi panjang antara KPU maupun Panwaslu juga Dispenduk serta tim penghubung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ende.

Dikatakan, Lapas Ende saat ini terdapat 201 orang warga binaan dan dari 201 warga binaan tersebut tercatat 116 orang adalah warga masyarakat Kabupaten Ende yang sesuai aturan berhak untuk melakukan pemilihan atau pencoblosan.

Dan dari 116 orang tersebut 54 orang lainnya sudah memiliki KTP Elektronik maupun Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dispenduk Kabupaten Ende sebagai tanda bahwa yang bersangkutan sudah mengurus E-KTP sedangkan sisanya sebanyak 62 orang belum memiliki suket.

"Sempat terjadi perdebatan panjang karena ada yang meminta agar 116 orang semuanya harus diakomodir dalam DPT namun ada yang menolak dan setelah terlibat dalam diskusi panjang akhirnya dicapai kesepatan bahwa hanya 54 orang ditetapkan dalam DPT sedangkan sisanya tidak ditetapkan dalam DPT namun mereka bisa melakukan pemilihan apabila dalam rentang waktu tersisa mereka memiliki Suket,"kata Florentinus.

Terkait dengan Suket ujar Florentinus, Kantor Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende yang akan mengurusnya karena memang warga binaan tidak bisa keluar untuk mengurus Suket. (*)

Baca: Empat Desa di Poco Ranaka Timur Ternyata Masih Gelap. Ini Penyebabnya

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved