Pena Batas RI-RDTL Kecam Pengancaman Terhadap Wartawan Lokal di Belu, Ini Sanksi Pidananya

wartawan yang mengalami pengancaman tersebut adalah salah satu anggota Pena Batas RI-RDTL sehingga wajib hukumnya untuk didampingi.

Pena Batas RI-RDTL Kecam Pengancaman Terhadap Wartawan Lokal di Belu, Ini Sanksi Pidananya
ISTIMEWA
Ketua Pena Batas RI-RDTL, Yansen Bau 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RDTL mengecam aksi kekerasan dan pengancaman oleh petugas lapangan sebuah perusahaan kontraktor terhadap salah satu wartawan lokal di Belu, Ronny Anyan.

Sebagai organisasi yang mewadahi wartawan di wilayah perbatasan negara tersebut, Pena Batas RI-RDTL siap mengkawal kasus itu dan berharap kasus serupa tidak terjadi lagi terhadap setiap jurnalis yang meliput di beranda NKRI tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Pena Batas RI-RDTL, Yansen Bau ketika dihubungi POS-KUPANG.COM dari Kupang ke Atambua, Minggu (8/4/2018).

Dikatakannya, wartawan yang mengalami pengancaman tersebut adalah salah satu anggota Pena Batas RI-RDTL sehingga wajib hukumnya untuk didampingi.

Baca: Wartawan Lokal di Belu Perbatasan RI-RDTL Diancam saat Meliput Pengerjaan Jembatan Haliwen

Baca: Kok Kambing Milik Siprianus Ada di Rumah Dinas Polisi di Raimanuk

Saat ini, katanya, Pena Batas RI-RDTL sedang mengkaji masalah tersebut dan jika dianggap perlu maka akan dilaporkan ke polisi untuk memberi efek jera.

"Kita sedang pelajari kasusnya termasuk mengkonfirmasi ke pihak yang melakukan pengancaman. Jika memenuhi unsur maka kita akan ambil langkah hukum," ujarnya.

Menurut Yansen, tugas pers dan masyarakat sudah diatur dalam UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Di sana ada hak dan kewajiban serta sanksi pidana bagi yang melanggarnya.

"Dalam UU Pers BAB VIII pasal 18 mengatur bahwa Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan tugas jurnalistik dipidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta," urainya.

Halaman
123
Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved