Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kota Kupang Tahun 2017 Alami Peningkatan 2,523 Kilometer

Program prioritas Pemerintah Kota Kupang yang meliputi peningkatan kualitas infrastruktur dan penataan ruang kota.

Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kota Kupang Tahun 2017 Alami Peningkatan 2,523 Kilometer
pos kupang
Proses pembangunan jalan di ruas Jalan W.J.Lalamentik Kota Kupang. Gambar diambil Jumat (8/9/2017). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Arah kebijakan umum pembangunan daerah tahun 2017 dituangkan dalam RKPD tahun 2017 dengan program prioritas Pemerintah Kota Kupang yang meliputi peningkatan kualitas infrastruktur dan penataan ruang kota.

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, menyampaikan pada aspek pembangunan infrastruktur di bidang pekerjaan umum serta penataan ruang kota, kebijakan diarahkan untuk mewujudkan keseimbangan pertumbuhan dan pelayanan wilayah, pembentukan struktur jaringan jalan sesuai dengan hirerki dan pelayanan kegiatan, interkoneksi antarbagian wilayah pengembangan dan antar pusat pelayanan perkotaan serta peningkatan kapasitas jalan, terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat serta menjaga kuliatas dan kuantitas sumber daya air, pembangunan sistem drainase wilatah dan kawasan, terpenuhinya kebutuhan air bagi kegiatan pertanian dengan optimalisasi pengelolaan jaringan irigasi.

Ia mengatakan dengan adanya kebijakan tersebut di atas, maka strategi yang dilakukan yaitu membangun infrastruktur jalan, drainase, sanitasi, irigasi dan jaringan air lainnya dengan perincian penanganan untuk jalan sepanjang 130,996 kilometer yang terdiri atas pembangunan jalan dengan konstruksi HRS-Base/Hotmix sepanjang 109,251 kilometer dan peningkatan jalan dengan konstruksi lapen sepanjang 21,745 kilometer.

Dengan demikian, lanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan tahun 2017 mengalami peningkatan 2,523 kilometer dari tahun 2016.

Bidang infrastruktur sumber daya air menjadi perhatian serius pemerintah, mengingat Kota Kupang memiliki 9 daerah irigasi dengan luas lahan potensial 672 Ha, 3 buah sungai besar yang membelah Kota Kupang dari selatan hingga utara dan topografi yang cenderung berbukit serta terdapat beberapa sumber mata air.

Namun di sisi lain, Kota Kupang juga sangat membutuhkan sumber-sumber air baku baru untuk kepentingan air minum dan irigasi. Potensi tersebut perlu dikelola dengan baik guna menjawab kebutuhan rakyat di daerah ini. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved