Ini Harapan KP3 Laut Lewoleba untuk Penumpang Kapal Tujuan Larantuka

Kepala KP3 Laut Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Ipda Rajab R Wuakero menyampikan pesannya secara tegas kepada para penumpang

Ini Harapan KP3 Laut Lewoleba untuk Penumpang Kapal Tujuan Larantuka
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Para penumpang yang masih membludak saat menumpang KM Cahaya Rahmat di Pelabuhan Lewoleba tujuan Pelabuhan Larantuka, Rabu (28/3/218) siang. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Kepala KP3 Laut Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Ipda Rajab R Wuakero menyampikan pesannya secara tegas kepada para penumpang yang hendak berlayar menggunakan jasa kapal motor dari Pelabuhan Lewoleba ke Pelabuhan Larantuka, Rabu (28/3/2018).

Baca: Wakapolres Lembata Tolak Ratusan Penumpang dari Lewoleba ke Larantuka

"Kami hanya punya satu harapan, yakni para penumpang selamat tiba di tempat tujuan. Untuk itu kami minta semua penumpang mengikuti apa yang kami sampaikan. Kalau muatan kapal sudah sarat jangan paksa untuk tetap naik," kata Rajab ketika ditemui Pos-Kupang.Com, saat para penumpang beramai-ramai naik ke Kapal Motor Cahaya Rahmat yang mengangkut penumpang dari Pelabuhan Lewoleba ke Pelabuhan Larantuka sekitar pukul 11.00 Wita.

Baca: Dishub Nagekeo tak Berdaya Awasi Kendaraan Bertonase Besar, Ini Penyebabnya

Rajab ditemui di ruang nakhoda kapal tersebut, saat sedang memeriksa surat-surat kapal. Saat itu ia meminta nakhoda kapal, Haji Muhammad agar hati-hati dalam pelayaran yang sarat penumpang tersebut.

Dia menyebutkan, dibanding pelayaran pada tiga jam sebelumnya, yakni pukul 08.00 Wita, para penumpang yang mengikuti pelayaran siang itu, tak sebanyak penumpang pagi hari. Meski demikian, jumlah penumpang tetap padat pada pelayaran itu.

Baca: Bawang dan Cabe Keriting Asal Sulawesi dan Bima Menguasai Mbay, Ini yang Terjadi

Rajab mengatakan, tingginya animo masyarakat Lembata untuk mengikuti Prosesi Semana Santa di Larantuka tersebut, bukan hal baru. Dari tahun ke tahun, jumlah penumpang itu hampir sama banyaknya.

Pihaknya juga tak terlalu cemas atas aktivitas pelayaran di wilayah tersebut. Pasalnya, cuaca di perairan Lewoleba hingga perairan Larantuka, relatif aman. Laut di perairan itu tak terlalu bergelombang sehingga aman untuk pelayaran.

Meski demikian, katanya, semua nakhoda kapal hendaknya berhati-hati mengemudikan kapal motornya dari pelabuhan keberangkatan hingga tiba di pelabuhan tujuan. Ini harus diperhatikan karena yang diangkut adalah penumpang. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved