Marasin Sebut NTT Kaya Sumber Daya Terbarukan

begitu banyak investor yang masuk ke NTT untuk menanamkan investasi tentu ini sesuatu yang baik. Untuk itu, kebutuhan energi listrik mutlak

Marasin Sebut NTT Kaya Sumber Daya Terbarukan
pos kupang.com, oby lewanmeru
Manager PLN Area Kupang, Elpis J Sinambela (kelima dari kiri) bersama Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral NTT, Ir. Boni Marasin, M.Si, bergambar bersama pada Musda II Paklina di Romyta Hotel, Kamis (22/3/2018)

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Oby Lewanmeru

POS KUPANG.COM, KUPANG - Persatuan Kontraktor Listrik Nasional (PAKLINA) Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar musyawarah Daerah (Musda) II untuk memilih pengurus baru masa bakti 2018-2023. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral NTT, Ir. Boni Marasin, M.Si,mengajak pengurus Paklina untuk kompak, solid dalam mengemban tugas membangun NTT.

Daerah NTT kaya akan sumber energi baru terbarukan namun belum dikelola secara baik, sehingga kehadiran Paklina diharapkan turut mendorong agar potensi ini bisa dikembangkan.

Boni Marasin, mewakili Gubernur NTT ketika memberikan arahan pada Musda II Paklina di Romyta Hotel Kupang, Kamis (22/3/2018) mengatakan, kehadiran Paklina ini memang sangat stategis ditengah masyarakat mengeluhkan soal kebutuhan energi listrik di daerah ini. Kebutuhan akan listrik memang sangat penting dalam menunjang setiap aktifitas masyarakat.

Sesungguhnya, pasokan energi sangat mencukupi manakala ada kreatifitas dalam mengelola sumber energi baru terbarukan. Di Provinsi NTT potensi ini sangat besar dan tidak ditemukan di daerah lainnya di Indonesia seperti potensi sinar matahari, angin, arus laut, mikrohidro juga PLTU. Semua ini belum dioptimalkan secara baik dan tumpuan harapan warga hanya pada energi listrik semata.

"Kita punya PLTU dengan daya 2x60 Megawatt dan baru digunakan 70 megawatt artinya masih surplus. Tetapi kita juga perlu mempersiapkan energi baru terbarukan itu sehingga kita tidak perlu mengeluh krisis listrik lagi. Saya minta Paklina untuk mari kita sama-sama angkat potensi baru ini," katanya.

Terkait dengan Musda II, Boni mengharapkan berjalan aman dan sukses sehingga menghasilkan pengurus yang dapat memajukan organisasi ini. Siapapun yang terpilih tentu itu yang terbaik dari yang baik dan diharapkan semua pengurus dan anggota tetap solid dan kompak membesarkan organisasi ini. Thema yang diangkat seperti Paklina siap berkompetisi sehat tentu menjadi motivasi bersama untuk membuat terobosan di NTT.

Sementara Manager PLN Area Kupang, Elpis J Sinambela saat membuka kegiatan ini mengharapkan musda dilaksanakan dengan baik dan membentuk pengurus yang kuat dan komitmen bekerja untuk memajukan daerah NTT. Saat ini memang PLN terus mengembangkan jaringan listrik hingga ke desa-desa. Namun dilain sisi, upaya mengembangkan energi baru terbarukan juga perlu ditingkatkan sehingga harapan akan energi tidak semata-mata pada listrik.

Ada begitu banyak investor yang masuk ke NTT untuk menanamkan investasi tentu ini sesuatu yang baik. Untuk itu, kebutuhan energi listrik mutlak diperhatikan agar iklim usaha dari investor berjalan aman, lancar dan sukses.

"Saya minta dari Musda ini menghasilkan rumusan program kedepan terkait pengelolaan energi. Semakin banyak pelaku-pelaku dalam mengembangkan bidang energi, semakin lebih baik. Mari kita berkompetisi secara sehat dalam mengembangkan potensi energi di daerah ini.  (*)

Baca: Kabupaten Ini Terduga TBC Tertinggi di NTT

Tags
PLN NTT
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved