Breaking News:

Cegah Pemanasan Global, Polres Sumba Timur Gencar Himbauan Mencegah Karhutla

ebakaran hutan dan lahan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan, hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan.

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
john taena
Victor M.T Silalahi 
Ilustrasi kebakaran hutan
Ilustrasi kebakaran hutan (ABC)

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM|WAINGAPU--Pihak Kepolisian dari Polres Sumba Timur selalu gencar memberikan Himbaun pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus digemakan oleh Polres Sumba Timur dan jajarannya, berbagai komponen masyarakat terus disambangi oleh personel Polres Sumba Timur baik itu melalui Satbinmas, Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor M.T Silalahi menyampaikan itu melalui Kasubag Humas Polres Sumba Timur, Iptu I Made Murja kepada Pos Kupang.Com, Selasa (13/3/2018).

Baca: Luar Biasa, Partai Nasdem Gencar Perbaiki Jalan Rusak di Manggarai Barat, Begini Ceritanya!

Baca: Terapkan Tarif Masuk, 8 Wisata Pantai Jadi Unggulan Kabupaten Malaka

Baca: Simak Prakiraan Cuaca Hari ini, 11 Daerah di NTT Berpotensi Hukan Lokal

I Made mengatakan, kondisi wilayah hutan di Sumba Timur yang cukup luas, sehingga Polres Sumba Timur terus mencoba untuk mensosialisasikan dampak kebakaran hutan yang dapat mengangu aktivitas sehari-hari.

Dikata I Made mengatakan, kebakaran hutan dan lahan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan, hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan.

Selain itu, Kebakaran hutan juga akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama tidak terkontrol, terganggunya kesehatan, tersedotnya anggaran negara karena setiap tahunnya diperlukan biaya yang besar untuk menangani (menghentikan) kebakaran hutan.

Selain itu, meningkatnya bencana alam, hilangnya sejumlah spesies, penurunan kualitas air dan pemanasan global.

I Made mengatakan, Diadakannya sosialisasi pencegahan dan dampak kebakaran hutan tersebut, diharapkan masyarakat lebih bijak dan ikut melestarikan hutan sebagai paru-paru dunia untuk keselamatan dan kesejahteraan bersama.

I Made menambahkan, Kapolres Sumba Timur menginstruksikan kepada semua jajarannya agar terjun langsung ke lapangan agar mensosialisasikan kepada masyarakat dampak bencana itu.

Harapanya, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan bersama. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved