Panwas Jangan Salahgunakan Kewenangan

menjadi pengawas, perlu menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara. Bahkan, perlu juga dijaga agar tidak menyalahgunakan kewenangan

Panwas Jangan Salahgunakan Kewenangan
POS KUPANG/ARIS NINU
Panwaslu Matim saat menertibkan alat peraga kampanye di Borong,Matim 

Laporan Wartawan Pos Kupang: Oby Lewanmeru

POS KUPANG.COM,KUPANG -- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan,S.H meminta semua jajaran pengawas pemilu mulai dari Bawaslu sampai ke panwas di TPS agar jangan salah menggunakan kewenangan. Panwas juga harus bisa menjaga integritas diri sebagai salah satu penyelenggara pilkada.

Abhan menyampaikan hal ini pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pilkada di Swiss Belinn Kristal, Jalan Timor Raya, Kupang, Sabtu (10/3/2018). Rakor ini dihadiri Ketua Bawaslu NTT, Thomas Mauritus Djawa dan Koordinator

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Jemris Fointuna. Hadir pula panwas dari 22 kabupaten dan kota se-NTT.

Menurut Abhan, menjadi pengawas, perlu menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara. Bahkan, perlu juga dijaga agar tidak menyalahgunakan kewenangan yang ada.

"Kewenangan panwas jangan salah gunakan untuk memperkaya diri. Saya ingatkan, polisi, KPK saat ini getol dan membuat satgas anti money politik," kata Abhan.

Dijelaskan, beberapa waktu lalu, Bawaslu dan Panwas mendapat musibah, akibat tertangkapnya panwas di Garut karena kasus suap. Kondisi itu, karena panwas tidak menjaga integritas dan netralitas.

"Kita beberapa waktu lalu dapat musibah, yakni teman kita Panwas di Garut tertangkap karena kasus suap. Kasus tersebut bukan kasus pribadi, karena yang bersangkutan adalah Panwas, maka kita semua terkena dampak," jelasnya.

Abhan mengatakan, bukan saja lembaga yang terkena dampak, melainkan, keluarga juga terkena dampak.

"Jadi kalau ada niatan jelek di antara teman-teman Bawaslu provinsi dan panwaslu, maka harus dibuang jauh-jauh. Jangan sampai ada niat itu, sebab kalau ada laporan, maka tidak ada kata ampun," katanya.

Halaman
12
Tags
Panwaslu
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved