Ini Tiga Kabupaten yang Tempatkan Perawat di Desa

peran perawat sangat besar. Peran itu tidak hanya melayani pasien di rumah-rumah sakit atau puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya

Ini Tiga Kabupaten yang Tempatkan Perawat di Desa
pos kupang/com/frans krowin
Perawat yang bertugas di Puskesmas Ile Ape, saat mengusulkan perlunya rekrutmen perawat untuk ditugaskan di desa-desa, saat Seminar Keperawatan di Aula Kopdit Ankara-Lewoleba, Sabtu (10/3/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --- "Di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, sudah tiga kabupaten yang menempatkan perawat untuk bertugas di desa-desa. Tiga kabupaten Itu, yakni Ngada, Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Malaka. Jadi, perawat ditempatkan di desa-desa mendampingi para bidan, itu bukan baru. Ini sudah berjalan."

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Aemilianus Mau, saat memberikan sambutan pada pembukaan Seminar Keperawatan di Aula Kopdit Ankara-Lewoleba, Sabtu (10/3/2018).

Baca: Ini yang Dilakukan Apindo NTT Tanggal 27 Maret Nanti

Seminar tersebut merupakan puncak dari aneka kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 PPNI tahun 2018.

Kegiatan lain yang telah dilaksanakan, yakni workshop di Hotel Olympic Lewoleba, Jumat (9/3/2018) dan pembersihan lingkungan di Kampung Nyamuk, Kelurahan Selandoro di Lewoleba, Sabtu (3/3/2018).

Aemilianus mengatakan, peran perawat sangat besar. Peran itu tidak hanya melayani pasien di rumah-rumah sakit atau puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya, tetapi juga dalam keseharian masyarakat.

Memahami peran itu, lanjut dia, maka pemerintah di tiga kabupaten, yakni Ngada, Malaka dan TTS telah membuat kebijakan merekrut para perawat dan menugaskannya di desa-desa. Jadi pada tiga daerah tersebut, bidan dan perawat telah bersama bertugas di desa.

Baca: Hati-hati Pengendara yang Melintasi Ruas Jalan di Seminari Tinggi St. Mikael Penfui

Apabila sekarang ini para perawat mengusulkan agar Bupati dan Wakil Bupati menelorkan kebijakan untuk menempatkan perawat bekerja di desa-desa, maka itu bukan hal baru. Sebab tiga daerah lain telah memraktikan hal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved