Wow! Ternyata Dinas Pariwisata Sudah Bangun Lapangan Pasola yang Representatif di Wanokaka

Pemerintah Sumba Barat sedang membangun sebuah lapangan pasola yang representatif sekitar 3 km ke arah selatan Wanokaka.

Wow! Ternyata Dinas Pariwisata Sudah Bangun Lapangan Pasola yang Representatif di Wanokaka
POS KUPANG/PETRUS PITER
Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat, Drs. S C Poro (kanan) berpose dengan tokoh masyarakat Wanokaka, Aleks Bora Kahowi, Kamis (8/3/2018).

Laporan wartawan Pos Kupang.Com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat, Drs. S C Poro, mengatakan, saat ini pemerintah sedang membangun sebuah lapangan pasola yang representatif sekitar 3 km ke arah selatan Wanokaka. Lokasi lapangan pasola tersebut merupakan lokasi pertama pagelaran pasola oleh leluhur.

Baca: Wow! Ribuan Warga Serbu Wanokaka, Ada Apa Ya?

Poro menyampaikan hal itu di sela-sela acara pasola di Wanokaka, Kamis (8/3/2018). Menurutnya, lapangan pasola Wanokaka saat ini kurang cocok lagi mengingat lahan sempit, penonton membludak hingga terkadang menimbulkan korban akibat lemparan lembing para pemain pasola menyasar ke pinggir lapangan.

Hal itu tidak bisa dihindari karena para penonton memadati sekeliling lokasi atraksi pasola. Karena itu, ia berharap pada tahun anggaran mendatang dapat nengakomodir anggaran kelanjutan pembangunan lapangan pasola yang baru sehingga pelaksanaan pasola lebih tertib.

Baca: GM Jayakarta Hotel Dukung Sistim Pengawasan Pajak Online

Hal itu berarti para penonton cukup menyaksikan atraksi pasola dari tribun lapangan yang menjamin kenyamanan menonton dan keselamatan karena tidak terkena lemparan lembing para pemain pasola.

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Sumba menyambut bangkitnya sektor pariwisata di daerah ini.

Era kebangkitan pariwisata Sumba mulai nampak ketika dunia mengakui Hotel Nihi Watu yang beada di Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, menjadi salah satu hotel terbaik di dunia. Dan terakhir ini, dunia menobatkan Pulau Sumba sebagai salah satu pulau terindah di dunia. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved