Kontroversi Melon Australia

Ternyata Melon Oranye Tidak Tahan Lama Cepat Rusak

Dirinya lebih banyak memesan melon putih dari Surabaya karena lebih bertahan lama

Ternyata Melon Oranye Tidak Tahan Lama Cepat Rusak
ilustrasi
Melon

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Edi Hayon

POS KUPANG.COM, KUPANG - Para pedagang buah di Kota Kupang mengakui kalau penjualan buah melon memang masih ada tetapi yang dijual melon putih bukan oranye. Melon oranye pernah dijual beberapa waktu lalu dengan mendatangkannya dari Surabaya, tetapi saat ini sudah tidak ada lagi. Melon oranye tidak bertahan lama dan cepat rusak sehingga menjual melon oranye lebih banyak rugi.

Demikian pengakuan beberapa pedagang buah seperti Finus di kawasan Jalan Piet A Tallo dan beberapa pedagang di Jalan Mohamad Hatta yang tidak mau menyebutkan nama saat ditemui Pos Kupang, Kamis (8/3/2018).

Finus, remaja asal Belu ini menuturkan, beberapa waktu lalu dirinya pernah menjual melon oranye tetapi sampai sekarang sudah tidak lagi. Dirinya lebih banyak memesan melon putih dari Surabaya karena lebih bertahan lama dan tidak cepat rusak. Melon oranye, katanya, tidak bertahan lama karena cepat rusak dan kurang diminati pembeli.

"Saya memang pernah jual melon oranye tetapi sudah lama sekali. Sekarang saya lebih banyak jual melon putih. Kita kan harus pesan dari Surabaya, lalu kalau simpan lama cepat rusak kalau melon oranye," tutur Fanus.

Pedagang buah di Jalan Mohamad Hatta mengaku kalau saat ini penjualan melon oranye tidak ada lagi di Kupang. Saat ini lebih banyak melon putih. Melon oranye selain persediaan terbatas juga cepat rusak. Untuk itu, para pedagang tidak mau merugi karena ongkos pengiriman dari Surabaya cukup tinggi.

Ditanya soal instruksi dari Kementrian Pertanian RI soal penarikan penjualan melon oranye, para pedagang mengaku belum mendapatkan informasi. Bahkan mereka menanyakan apakah yang ditarik melon berwarna putih atau oranye karena saat ini buah melon yang dijual berwarna putih.
"Saya belum dapat informasi soal ditariknya penjualan melon. Saya memang jual melon putih tapi apakah melon semua ditarik atau yang mana. Saya belum dapat informasi itu," kata salah satu pedagang di Jalan Mohamad Hatta.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved