Gempar! Ada Kubah yang Bisa Tampung Triliunan Biji Tanaman dari Seluruh Dunia, Antisipasi Kiamat

Kubah Senilai 178 miliar ini dibagun oleh pemerintah Norwegia untuk menyimpan stok biji-bijian tanaman dari seluruh dunia.

Gempar! Ada Kubah yang Bisa Tampung Triliunan Biji Tanaman dari Seluruh Dunia, Antisipasi Kiamat
net
Kubah Svalbard Global Seed Vault yang dibangun Pemerintah Norwegia, bisa menampung 2,5 triliun biji-bijian. 

POS-KUPANG.COOM - Kubah Senilai 178 miliar ini dibagun oleh pemerintah Norwegia untuk menyimpan stok biji-bijian tanaman dari seluruh dunia. Gunanya, agar tanaman dimaksud selalu tersimpan dan bisa dikembangkan setelah ada kelangkaan makanan alias 'kiamat'

Pemeirntah Norwegia membangun kubah ini untuk mengantisipasi kelangkaan bahan makanan di masa depan. Kubah itu dinamakan Svalbard Global Seed Vault.

Baca: Baca Ini! Cara Padang Kita yang Salah Soal Kebahagiaan

Baca: Perempuan Baca Ini! Tips Jerat Pelaku Pelecehan Seksual ke Kantor Polisi

Baca: 10 Tips LDR Alias Pacaran Jarak Jauh Ini Bisa Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai Pernikahan

Baca: Perempuan 37 Tahun ini Berupaya Keluar dari Peti Matinya Setelah Dikubur Hidup-hidup

Dilansir brilio.net dari voanews.com, Jumat (2/3), kubah itu dapat menyimpan biji-bijian hingga 'kiamat' tiba. Kubah tersebut dibangun pada tahun 2008 di Svalbard. Kubah ini memiliki suhu alami yang dapat menjaga materi genetik dari ancaman kerusakan lingkungan atau bencana besar.

Kubah Svalbard Global Seed Vault yang dibangun Pemerintah Norwegia, bisa menampung 2,5 triliun biji-bijian.
Kubah Svalbard Global Seed Vault yang dibangun Pemerintah Norwegia, bisa menampung 2,5 triliun biji-bijian. (net)

Ide membuat kubah tersebut didasari oleh fenomena perubahan iklim yang makin menjadi-jadi. Iklim yang tidak menentu membuat tanaman susah beradaptasi dan mati. Untuk menjaga agar tanaman tidak punah, biji-bijian disimpan dalam kubah sehingga dapat dibudidayakan di masa depan.

Svalbard sengaja dipilih sebagai lokasi pembuatan kubah karena letaknya yang strategis. Tanah di Svalbard selalu beku sepanjang tahun. Suhu dalam kubah tersebut mencapai -18 Derajat Celcius sehingga baik untuk biji-bijian.

Nah penasaran bagaimana bentuk kubah ini? Simak melalui video berikut.

Lokasi kubah tepat berada 130 meter di bawah tanah. Sekitar 860 ribu jenis varietas biji-bijian dapat bertahan di kubah ini selama puluhan tahun. Bahkan beberapa varietas gandum dapat bertahan di kubah ini selama 1000 tahun.

Kubah tersebut menyimpan bermacam biji-bijian dari penjuru dunia seperti jagung, padi dan gandum. Kubah ini kini menyimpan sekitar 1 juta sampel biji-bijian. Dengan ukurannya yang sangat besar, kubah ini dapat menampung 2,5 triliun biji-bijian.

Pemerintah Norwegia mengeluarkan biaya sebesar Rp 178 miliar untuk membuat kubah ini. Mereka percaya, kubah ini dapat menjadi tempat aman menyimpan cadangan makanan di masa depan. (*)

Editor: OMDSMY Novemy Leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved