Wabup Belu Sebut Penyebab Kanker Serviks Bisa dari Suami

Karena kanker serviks adalah penyakit yang bisa menular dan paling banyak ditularkan melalui hubungan seksual.

POS KUPANG.COM/TENNIS JENAHAS
Peserta Seminar Kesehatan Kanker Serviks pose bersama Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA- Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan mengatakan, gangguan alat reproduksi pada laki-laki bisa menjadi salah satu penyebab kanker serviks bagi kaum perempuan.

Karena kanker serviks adalah penyakit yang bisa menular dan paling banyak ditularkan melalui hubungan seksual.

Oleh karena itu, apoteker harus lebih intens memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui atau mengenal penyebab kanker serviks.

Wakil Bupati Belu mengatakan hal itu dalam sambutannya saat membukan kegiatan seminar kesehatan kanker serviks yang diselenggarakan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Belu, di Gedung Wanita Betelalenok, Sabtu (24/2/2/2018).

Menurut Ose Luan, penyakit kanker serviks memang lebih dekat dengan kaum perempuan, tetapi laki-laki yang mengalami gangguan organ vital serta kurang menjaga kesehatan pada organ vital bisa menjadi penyebab timbulnya kanker serviks.

"Penyebab terbesar kanker serviks itu dari hubungan seksual. Kalau ada gangguan di suami, khususnya di bagian penis, maka istrinya bisa kena kanker serviks," kata Ose Luan.

Menurut Ose Luan, melalui seminar kesehatan kanker serviks ini, para apoteker diharapkan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik perempuan maupun laki-laki di wilayah Kabupaten Belu. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved