Ini Kemudahan yang Bisa Didapatkan Jika Jadi Anggota Kopdit Serviam

Menjadi anggota koperasi menjadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga tak lupa untuk mengembalikan apa yang harus dikembalikan.

Ini Kemudahan yang Bisa Didapatkan Jika Jadi Anggota Kopdit Serviam
POS KUPANG/MARIA AE TODA
Para perwakilan kantor kas dan kantor cabang saat mengikuti rapat anggota khusus KSP CU Serviam di Hotel Aston, Sabtu (24/2/2018).

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Menjadi anggota koperasi tentulah membuat para anggota menjadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga tak lupa untuk mengembalikan apa yang harus dikembalikan.

Kopdit Serviam salah satunya. Kopdit ini menawarkan beberapa kemudahan bagi para anggota yang sistemnya hampir sama dengan koperasi lainnya. Tapi ada satu kemudahan yang tidak dimiliki oleh koperasi lain.

Menurut Manager Kopdit Serviam Cabang SoE, Antonius Bere Koi, S.Pd saat ditemui di sela- sela rapat anggota khusus di Aston Hotel, Sabtu (24/2/2018), Kopdit yang sudah berdiri selama 32 tahun ini menerapkan sistem pembinaan dimana apabila ada kredit macet maka pihaknya tidak menggunakan sistem sita atau memakai dep kolektor tetapi lebih membimbing atau mendampingi usahanya.

"Jadi kita dorong terus usahanya, kita tidak pakai dep kolektor atau kita sita barangnya. Jadi dari usaha yang ada mereka bisa membayarnya perlahan tetapi pasti terbayarkan. Kita ingin agar para anggota juga merasa bahwa mereka tidak ditekan saat benar-benar terjebak dalam kredit macet," ujarnya.

Selain itu, apabila ada anggota yang meninggal maka pihaknya akan memberikan santunan. Pinjaman anggota yang meninggal tidak dibebankan pada ahli waris sedangkan simpanannya dikembalikan dan ditambah dengan asuransi.

Untuk saat ini, menurut Anton, modal Kopdit Serviam berjumlah 170.000 dengan jumlah anggota keseluruhan per 31 Desember 2017 sebanyak 21.470 orang.

"Dalam hal ini ada pertambahan sebanyak 6.641 orang atau naik 44,78% dari jumlah 14.829 orang pada 31 Desember 2016," tuturnya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved