Hebat! Smater Maumere Selenggarakan Science Competition Tingkat Provinsi NTT

Kompetisi Science dan English diprakarsai SMAK Frateran (Smater) Maumere di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Jumat sampai Sabtu (23-24/2/2018).

Hebat! Smater Maumere Selenggarakan Science Competition Tingkat Provinsi NTT
POS KUPANG/EGINIUS MO'A
Peserta science and english competition SMP se-Provinsi NTT mengerjakan soal di dalam ruangan Smater Maumere, Pulau Flores, Jumat (23/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Kompetisi Science dan English yang diprakarsai SMAK Frateran (Smater) Maumere di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, digelar Jumat sampai Sabtu (23-24/2/2018).

Sebanyak 150 pelajar utusan dari 15 SMP di Pulau Flores, Lembata dan Timor bersaing memperebutkan Piala Gubernur NTT berhadiah total Rp 50 juta.

Lomba bertajuk Smater Science dan English Competition 2018 itu diresmikan Kepala Biro Kesra Setda NTT, Barthol Badar, S.H, mewakili Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya.

Barthol menilai Kepala Smater Maumere, Frater M Polikarpus, BHK, sangat hebat bisa menyelenggarakan kompetisi science di tahun kedua. Ia menantang sekolah lain di NTT bisa menyelenggarakan event serupa mendorong mutu pendidikan.

Barthol mengatakan, Frater Poli bukan hanya menjalankan kaulnya sebagai frater tetapi juga sebagai guru atau pendidik. Dia menjiwai kaul panggilan mengelola pendidikan dan dihidupnya.

"Banyak dari kita omong dari yang kita tidak buat. Tetapi frater omong dari yang dia buat. Ini yang beda. Banyak juga orang pintar, tapi omongnya bukan dari yang dia buat," puji Barthol.

Barthol menyebut Smater telah dipercaya sehingga bisa menarik pihak luar menjadi mitra. Semua yang diselenggarakan Smater dinilai oleh publik.

"Sekolah ini hidup dari jasa, dan itu dibuktikan. Kalau banyak sekolah buat seperti ini akan luar biasa. Ini hebat sekali, Smater bisa selenggarakan. Pemerintah beri apresiasi dan akan selalu beri dukungan," tandas Barthol.

Ketua penyelenggara Minszenti Arnoldus, S.Pd, SMP top di NTT ambil bagian dalam lomba ini yakni SMPK Theresia Kupang, SMPK St. Pius Lewoleba, SMPK Sanctisima Hokeng, SMPK Kartini Bajawa, SMPN Bajawa, SMPK Imaculata Ruteng, SMPK Frateran Maumere dan SMPK lainnya dari Sikka.
Lomba hari pertama, penyisihan MIPA, IPS dan keterampilan berbahasa Inggris. "Mipa sampai babak semifinal," kata Arnoldus. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved