Kasat Lantas Polres Belu Pesan Ini Kepada Penumpang Truk

Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus, S.IK mengimbau masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka agar berhati-hati saat menumpang kendaraan truk.

Kasat Lantas Polres Belu Pesan Ini Kepada Penumpang Truk
ILUSTRASI
Truk muat penumpang 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, KEFAMENANU - Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus, S.IK mengimbau masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka agar berhati-hati saat menumpang kendaraan truk ke lokasi kampanye.

Pasalnya, antusias masyarakat ke lokasi kampanye cukup tinggi dan biasanya menumpang kendaraan truk tanpa ada yang kontrol. Bisa saja karena terlalu semangat, warga sampai kurang hati-hati saat di kendaraan sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.

Menurut Harman, secara aturan kendaraan truk dilarang mengangkut penumpang. Namun saat musim politik, biasanya kendaraan truk dipakai untuk mengangkut massa pendukung ke lokasi kampanye. Dan polisi tidak kaku dengan aturan namun tetap memberikan imbauan baik pengemudi maupun dengan warga yang menumpang kendaraan truk.

Menurut Harman, polisi yang menemukan kendaraan truk mengangkut penumpang biasanya diperiksa kelengkapan kendaraan dan pengemudinya. Kemudian memeriksa kondisi pengemudi sebelum mengangku orang. Apabila pengemudi mengkonsumsi minum keras, maka polisi akan menghentikan kendaraannya.

Selain itu, polisi juga mengecek jumlah orang yang diangkut. Apabila melebihi kapasitas maka polisi akan menghentikannya. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan nyawa orang. Apalagi kecelakaan tunggal tidak mendapat asuransi.

Polisi juga meminta penanggungjawab transportasi setiap kali mengangkut orang untuk ikut kampanye agar memberikan imbauan kepada pengemudi untuk selalu waspada saat mengangkut orang atau massa pendukung. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved