Pusat Antikorupsi Undana Gelar Seminar Bahas Korupsi dan Dampak Bagi Perekonomian Negara

Seminar yang menghadirkan pembicara dan narasumber yang berkompeten dan akan dihadiri oleh mahasiswa

Pusat Antikorupsi Undana Gelar Seminar Bahas Korupsi dan Dampak  Bagi Perekonomian Negara
POS KUPANG/GORDY DONOFAN
Kepala Pusat Layanan Pengembangan Kapasitas, Legal Drafting dan AntiKorupsi Undana, Bill Nope,.SH.,LL.M

Laporan ReporterPOS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM, KUPANG - Pusat AntiKorupsi Undana Kupang akan menggelar seminar membahas Korupsi Dan Dampaknya Bagi Perekonomian Negara.

Kegiatan seminar menghadirkan pemateri Wakil Pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang dan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Undana Kupang, Octovianus Nawa Pau, ABM.

Seminar akan berlangsung di Aula Lantai III Rektorat Undana, Kamis (22/2/2018) Pukul 08.30-12.00 WITA.

Kepala Pusat Layanan Pengembangan Kapasitas, Legal Drafting dan AntiKorupsi Undana, Bill Nope,.SH.,LL.M, menjelaskan, kegiatan tersebut demi mewujudkan kampus Antikorupsi dan mutu lulusan yang memiliki karakter antikorupsi maka Pusat Layanan Pengembangan Kapasitas, Legal Drafting dan Anti Korupsi Universitas Nusa Cendana memiliki beberapa program kegiatan yang berkaitan langsung dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Dosen Fakultas Hukum Undana Kupang ini menjelaskan, dalam bidang pendidikan, Pusat Layanan Pengembangan Kapasitas, Legal Drafting dan AntiKorupsi bersama LP3 Undana menyiapkan dosen pengasuh mata kuliah Pendidikan AntiKorupsi melalui kegiatan Seminar dan Lokakarya (Semiloka).

Bill Nope menjelaskan, Pusat Layanan Pengembangan Kapasitas, LegalDrafting dan AntiKorupsi melaksanakan kegiatan Seminar yang menghadirkan pembicara dan narasumber yang berkompeten dan akan dihadiri oleh mahasiswa yang berasal dari Undana, mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Kupang, Organisasi Kepemudaan dan tentunya para praktisi serta akademisi.

"Kegiatan seminar yang akan dilaksanakan ini mengambil topik: "Korupsi dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Negara". Topik ini penting sebab korupsi mengurangi pendapatan dari sektor publik dan meningkatkan pembelanjaan pemerintah untuk sektor publik. Korupsi telah menyebabkan pendapatan dari sektor pajak dan dari keuntungan BUMN menjadi sangat kecil. Selain itu, karena berbagai kebocoran, proyek-proyek dan program pembangunan yang dilakukan pemerintah akan menjadi mahal jika dibandingkan dengan kualitas yang dihasilkannya," jelas Bill Nope, sebagaimana siaran pers yang diterima Pos Kupang, Selasa (20/2/2018).

Bill Nope, menjelaskan, korupsi juga telah menurunkan produktifitas dan investasi publik serta infrastruktur negara. Melemahnya investasi menyebabkan pertumbuhan ekonomi terhambat, penciptaan peluang kerja menjadi rendah, dan meningkatnya pengangguran. Ini semua akan menyebabkan daya beli melemah dan kesejahteraan masyarakat menurun.

Ia mengatakan, peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa di lingkup Universitas Nusa Cendana, dan mahasiswa dari Universitas Khatolik Widya Mandira, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, OKP dan para akademisi yang berjumlah 100 orang.

Ia mengatakan, acara nanti diawali sambutan Rektor Undana, Prof.Ir Fred Benu sekaligus membuka dengan resmi kegiatan seminar. Materi `Korupsi dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Negara" oleh Wakil Ketua Ketua KPK RI dan

Korupsi dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Negara" oleh Dekan FEB Undana.

"Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini, antara lain, mensosialisasikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait dampak korupsi terhadap perekonomian Negara dan mensosialisasikan budaya antikorupsi bagi mahasiswa di lingkup Universitas Nusa Cendana dan seluruh elemen civitas akademika kampus, baik Undana maupun kampus lainnya yang ada di Kota Kupang,'' paparnya. *)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved