Piala FA

Alexis Sanches Pedang Bermata Dua

Sanchez, dengan segudang pengalaman dan kemampuan teknik yang dimilikiny

Alexis Sanches Pedang Bermata Dua
AFP/Ian Kington
Ekspresi penyerang Manchester United, Alexis Sanchez, dalam pertandingan Liga Inggris 2017-2018 menghadapi Tottenham Hotspur di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Rabu (31/1/2018). 

POS KUPANG.COM - Pendukung Manchester United bersorak girang ketika klub kesayangan mereka berhasil memboyong Alexis Sanchez di bursa transfer Januari. Kehadiran Sanchez diharapkan bisa membantu meningkatkan permainan Setan Merah dan mengganggu dominasi Manchester City di Liga Premier musim ini.

Tapi, kehadiran winger asal Cile itu di Old Trafford justru menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, Sanchez, dengan segudang pengalaman dan kemampuan teknik yang dimilikinya, serta determinasinya bermain, memang bisa mengangkat permainan tim. Tapi di sisi lain, ia juga menjadi titik lemah MU.

Sebelum ia dibarter dengan Henrikh Mkhitaryan, Sanchez tercatat sebagai pemain Arsenal yang musim ini paling sering kehilangan bola. Setelah ia berseragam The Red Devils, kecenderungan itu berlanjut. Bola di kakinya masih sering berhasil dirampas oleh pemain lawan, dan kala itu terjadi, tim lawan akan memulai serangan balik.

Saat MU kalah 0-1 di markas Newcastle United, Minggu (11/2), Sanchez tercatat 36 kali kehilangan bola. Angka itu persis sama dengan jumlah Sanchez kehilangan bola di laga sebelumnya, yakni saat MU menang 2-0 atas Huddersfield. Ia pun langsung menjadi pemain MU yang paling sering kehilangan bola dalam satu laga Premier League musim ini.

Sebelum Sanchez 36 kali kehilangan bola dalam laga lawan Huddersfield dan Newcastle, Luke Shaw tercatat menyandang predikat pemain MU yang paling banyak kehilangan bola (30 kali vs Burnley), disusul Ashley Young (27 kali vs Tottenham Hotspur). Adapun rekor jumlah kehilangan bola terbanyak untuk pemain MU dalam sebuah laga dicatat oleh Luis Nani, 38 kali, saat kalah 2-3 dari Blackburn Rovers tahun 2011.

Dalam empat pertandingannya sebagai pemain MU, Sanchez secara keseluruhan juga sudah 125 kali kehilangan bola. Secara rata-rata ia dinyatakan telah kehilangan bola setiap 2,7 menit. "Mengingat ia sudah membuat 377 sentuhan dalam balutan seragam MU, maka (secara rata-rata) tiap sentuhan ketiganya akan membuat bola direbut pemain lawan," tulis Metro.co.uk.

Kendati Sanchez dikenal sebagai pemain ofensif yang kreatif dan penuh kengototan, ketidakmampuannya mempertahankan bola dalam waktu lama jelas jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Jose Mourinho. Mou harus bisa membantu pemainnya itu membenahi kekurangannya tersebut.

Di sisi lain Sanchez juga harus bisa membuktikan dirinya bukanlah titik lemah di tim barunya itu. Ia juga harus mulai berpikir bijak dan tahu momen kapan harus mendribel bola melewati lawan tanpa harus memaksakan diri.

MU selanjutnya akan menghadapi Huddersfield Town di Stadion John Smith's, untuk memperebutkan tiket perempatfinal Piala FA, Minggu (18/2) dinihari. Menurut gelandang Juan Mata, laga ini harus menjadi momen kebangkitan setelah kekalahan dari Newcastle pekan lalu. "Kami harus fokus pada Piala FA dan Huddersfield. Pertandingan itu akan menjadi kesempatan besar membuktikan bahwa sebuah kemenangan bisa membantu melupakan pertandingan kemarin!" kata Mata.

Meski diunggulkan, bukan berarti MU bisa mengalahkan Huddersfield dengan mudah. Di pertemuan pertama mereka di liga awal musim ini, MU bahkan tumbang dengan skor 1-2. Sementara kemenangan atas Huddersfield 2-0 di Old Trafford awal bulan ini tidak didapat dengan mudah. The Terriers mampu meredam Setan Merah sepanjang babak pertama, sebelum akhirnya dibobol Romelu Lukaku dan Sanchez.

"Ini pertandingan penting untuk mereka, sama pentingnya untuk kami. Kami akan tampil di sana dengan ambisi merebut kemenangan dan lolos ke babak berikutnya," kata Michael Carrick kepada MUTV. "Kami tidak akan meremehkan mereka, karena kami sadar betul dengan kekuatan Huddersfield dan apa yang bisa terjadi di Piala FA. Ini adalah pertandingan hidup-mati dan segalanya bisa terjadi," imbuh kapten MU itu. *)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved