Ini Sangat Penting Bagi Calon Penumpang ASDP NTT Untuk Semua Lintasan

Ternyata, setiap tahun tarif ASDP naik sesuai dengan tingkat inflasi. Ini perkembangan terakhir untuk NTT

Ini Sangat Penting Bagi Calon Penumpang ASDP NTT Untuk Semua Lintasan
POS KUPANG/ OBY LEWANMERU
KMP Ranaka di Pelabuhan Bolok Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Tarif untuk lintasan penyeberangan ASDP do NTT naik. Kenaikan ini tertuang dalam SK gubernur nomor 1 tahun 2018 tentang tarif angkutan penyeberangan lintasan antar kota atau kabupaten dalam provinsi NTT.

Daftar lampiran SK Gubernur NTT yang diterima POS- _KUPANG.COM, Minggu (11/2/2018) dari PLT Kadis Perhubungan NTT, Alexander Sena melalui Sekretaris Dinas Perhubungan, semua lintasan mengalami kenaikan tarif.

Ini tarif untuk beberapa lintasan diantaranya untuk kelas ekonomi yakni: Bolok-Kalabahi untuk dewasa Rp 122 ribu dan anak-anak Rp 74 Ribu, Bolok-Aimere untuk dewasa Rp 155 ribu dan anak-anak Rp 97 ribu, Bolok-Waingapu
Dewasa Rp 171 ribu dan anak anak Rp 102 ribu, untuk kendaraan golongan 1 Rp 83 Ribu, golongan 2 Rp 446 ribu, golongan 3 Rp 469 ribu dan golongan 4 Rp 3.205.000.

Untuk lintasan Bolok-Solor bagi orang dewasa Rp 99 ribu dan anak-anak Rp 54 ribu. Lintasan Kalabahi-Teluk Gurita untuk penumpang dewasa Rp 56 Ribu dan Anak-anak Rp 35 Ribu.

Lintasan Adonara-Kewapante untuk dewasa Rp 82 ribu dan Anak-anak Rp 53 ribu, Bolok-Ndao untuk dewasa Rp.85 ribu dan Anak-anak Rp 59 ribu. Lintasan Aimere-Waingapu bagi penumpang dewasa Rp.76 ribu dan anak-anak Rp 53 ribu.

Lintasan Bolok-Adonara untuk dewasa Rp 91 ribu dan anak- anak Rp 49 ribu. Lintasan Bolok-Waikelo untuk Dewasa Rp 190 ribu dan anak-anak Rp 110 ribu.

Lintasan Aimere-Waikelo untuk dewasa Rp 83 ribu dan anak-anak Rp 53 ribu.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perhubungan NTT, Alexander Sena mengatakan kenaikan tarif angkutan ini setiap tahun naik karena disesuaikan dengan inflasi dan lainnya.

Dia mengatakan ada 11 kapal untuk penyebrangan yakni yang dikelola oleh PT Flobamor tiga kapal dan delapan kapal oleh ASDP untuk melayani angkutan penyeberangan orang dan barang di jalur komersial dan perintis.

Setiap tahun tarif disesuaikan sesuai dengan inflasi yang berlaku. Dengan penyesuaian tarif ini harapan agar bisa berjalan secara baik dan mengganti suku cadang dan lainnya.
mengganti pergantian dan lain

Penyesuaian harga yang sifatnya secara nasional dan sudah ada penyesuaian harga tapi di daerah disesuaikan dengan kebijakan dari pusat

Di NTT penyesuaian dibatasi 10 persen sampai 15 persen sesuai dengan kondisi jalur angkutan.
"SK Sudah ditandatangani gubernur dan sudah berlaku tinggal pelaksanaan ditingkat operator agar sesuai dengan ketentuan SK gubernur. Harap tarif itu bisa disosialisasikan kepada masyarakat dan ditempelkan di area publik agar masyarakat tahu berapa tarif sebesar," katanya.

Dengan kenaikan ini diharapkan penumpang bisa lebih nyaman dan aman saat bepergian dan tidak boleh ada over kapasitas sehingga pengguna jasanya jadi nyaman dan tidak perlu desak-desakan.

Dikatakan, Pemerintah akan dan rapat koordinasi dengan ASDP dan yang diharapkan adalah pengguna jasa harus nyaman dan perjalanan. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved