Beginilah Ketentuan dan Jumlah Dana Kampanye Paslon di Pilkada Nagekeo

Ketentuan dana kampanye pasangan calon di Pilkada Nagekeo seperti ini jumlah dan polanya. Ini penjelasan KPUD setempat

Beginilah Ketentuan dan Jumlah Dana Kampanye Paslon di Pilkada Nagekeo
Pos Kupang/Adiana Ahmad
Bimtek KPUD Nagekeo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, MBAY - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nagekeo menetapkan dana kampanye pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Nagekeo dalam Pilkada Nagekeo maksimal Rp 6.525.500.000,00. Tidak boleh lebih.

Apabila lebih, kelebihan dana itu disetorkan ke kas negara dengan difasilitasi KPU Nagekeo.

Dana tersebut dibelanjakan untuk kepentingan rapat umum, kampanye terbatas, kampanye dialogis, iklan media cetak dan elektdonik, belanja bahan kampanye dan belanja alat peraga kampanye.

Ketua KPU Nagekeo, Wigbertus Ceme yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/2/2018), mengatakan, nilai maksimal dana kampanye paslon dalam Pilkada Nagekeo berdasarkan jumlah audiens dalam kampanye rapat umum (5.000 orang) maupun kampanye terbatas (1.000 orang) disesuaikan dengan standar harga satuan yang ditetapkan Bupati Nagekeo.

"Dana kampanye lebih tidak boleh, kurang boleh. Dana kampanye ditempatkan dalam rekening khusus. Karena itu, Paslon harus membuka rekening khusus dana kampanye paling lambat tanggal 12 Pebruari 2018. Kalau tidak buka rekening dana kampanye sampai batas waktu ditentukan, paslon dibatalkan sebagai kontestan dalam Pilkada Nagekeo," demikian Wigbertus.

Wigbertus yang saat itu didampingi Anggota Komisi KPU Nagekeo, Yohanes Baptisita Lagho, mengatakan, dana kampanye dalam bentuk alat peraga kampanye yang disiapkan paslon maksimal 150 persen dari yang disiapkan KPU (alat peraga yang sama, baliho, umbul-umbul dan spanduk) . Sedangkan bahan kampanye ( bahan kampanye brosur dan poster paslon) maksimal 100 persen dari jumlah yang disediakan KPU.

Dikatakan Wigbertus, alat peraga kampanye dan bahan kampanye di luar model dan jenis yang disediakan KPU disesuaikan dengan jumlah KK Kabupaten Nagekeo ( 36.382 KK ). Dalam harga satuan, maksimal Rp 25.000 per unit. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved