Tol Laut Ternyata Memberi Keuntungan Buat Peternak

Kehadiran tol laut ternyata memberi manfaat banyak bagi peternak di NTT, ini penjelasannya

Tol Laut Ternyata Memberi Keuntungan Buat Peternak
Pos Kupang/Hermina Pello
Alexander Sena 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Program tol laut sangat berdampak pada peternak karena peternak bisa menikmati keuntungan karena biaya transportasi makin murah.

Asisten 2 Setda Provinsi NTT, Alexander Sena yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/2/2018) mengatakan tol laut sangat penting dan saat ini banyak untuk ternak antar pulau dan program ini sangat mendukung pengiriman ternak.

"Setiap tahunnya, ternak dari NTT yang diantarpulaukan luar daerah meningkat. Harga angkut jadi lebih mudah dibandingkan dengan kapal umum sehingga petani bisa menikmati keuntungan dari beternak terutama sapi karena dengan ongkos angkut yang lebih murah dan kondisi sapi juga berat badan relatif stabil,"katanya.

Quota antarpulau ternak tahun 2018 ini sebanyak 70 ribu ekor. Dengan meningkatnya antar pulau ternak maka gairah petani untuk beternak makin besar dan saat ini populasi ternak sapi di NTT diatas satu juta ekor.

Apalagi dengan adanya program sapi induk wajib bunting maka pada tahun lalu hasilnya ada 40 ribu ekor sapi hasil inseminasi buatan.

Hasil ini Memberikan dampak yang signifikan sehingga NTT jadi provinsi ternak akan terwujud dan jadi gudang ternak secara nasional.

"Kerjasama dengan daerah lain semakin berkembang. Sebelumnya hanya ada MoU dengan DKI tetapi sekarang ini sudah ada dengan Pemerintah provinsi Bengkulu mulai tahun 2017 dan juga dengan Badan usaha milik petani (BUMP) dari Bengkulu.

Menurutnya, sudah ada permohonan untuk kerjasama lagi pemerintah Kalimantan Timur dan sifatnya masih penjajakan dimana mereka sudah membawa konsep kerjasama.

"Kita respon karena dengan populasi ternak yang meningkat maka ada peluang yang bisa ditangkap," ujarnya. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved