Tiga Partai Lama dan Satu Partai Baru Belum Lolos Verifikasi di Ende

KPU Kabupaten Ende saat ini tengah melakukan verifikasi parpol. Dari catatan sementara hasilnya seperti ini

Tiga Partai Lama dan Satu Partai Baru Belum Lolos Verifikasi di Ende
Pos Kupang/Romualdus Pius
Bone Wadhi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Tercatat, empat dari 12 Parpol di Kabupaten Ende belum lolos verifikasi administrasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilhan Umum (KPU) setempat.

Empat Parpol tersebut terdiri dari 3 Parpol lama dan 1 Parpol baru, yakni: PAN dan PKS serta Partai Demokrat yang merupakan Parpol lama serta Garuda yang merupakan Parpol baru.

Anggota KPU Kabupaten Ende, Bone Wadhi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Senin (5/2/2018).

Bone mengatakan, dari hasil verifikasi terhadap 12 Parpol ditemukan bahwa ada 4 parpol yang belum lengkap administrasinya sehingga diberikan waktu untuk melakukan perbaikan atau melengkapi kekurangan yang ada.

Adapun jenis kekurangan dari 4 Parpol tersebut secara umum seperti soal sekretariat juga kepengurusan dan juga keanggotan maupun kartu tanda anggota dari para pengurus yang menunjukan bahwa yang bersangkutan adalah anggota dari suatu parpol.

Terhadap kekurangan yang ada, kata Bone, pihaknya telah meminta kepada para pengurus dari 4 Parpol yang ada agar melengkapi dalam masa perbaikan sehingga dengan demikian keberadaan Parpol yang ada sah berada didalam suatu wilayah.

Katanya, setelah dilakukan verifikasi pada tahap awal, KPU Kabupaten Ende juga akan melakukan verifikasi factual guna mengetahui secara nyata keberadaan parpol di tengah-tengah masyarakat.

Menjawab pertanyaan bahwa kalau ada Parpol yang tidak melengkapi berbagai syarat administrasi juga pada saat verifikasi factual apakah bisa ikut Pemilu atau tidak, Bone mengatakan bahwa KPU Kabupaten Ende hanya melakukan proses verifikasi sedangkan soal keikutsertaan nanti akan ditentukan oleh KPU pusat.

"Terhadap hasil verifikasi akan kami buatkan dalam berita acara entah sudah lengkap atau belum semuanya akan dibuatkan berita acara nanti akan diserahkan ke parpol masing-masing dan juga KPU pusat sedangkan soal ikut dan tidaknya suatu Parpol dalam Pemilu akan ditentukan oleh KPU pusat," kata Bone.

Terkait dengan pelaksanaan verifikasi Parpol di Ende, KPU telah menurunkan anggota komisioner ke setiap Parpol guna melihat kelengkapan dari masing-masing Parpol baik itu sekretariat maupun susunan kepengurusan mulai dari tingkat kabupaten hingga ke kecamatan atapun desa juga penyebaran keanggotan dari masing-masing Parpol. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved