Warga Kolhua Antusias Ikut Seminar Kesehatan Reproduksi dan Jantung

Manajemen RS Carolus Borromeus Kupang bekerja sama dengan Paroki St Fransiskus Asisi Kolhua gelar seminar

Warga Kolhua Antusias Ikut Seminar Kesehatan Reproduksi dan Jantung
Pos Kupang/Dion Putra
Dokter Andree Hartanto bersalaman dengan Paul Tokan yang mendapat door prize, Minggu (4/2/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Putra

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sedikitnya 50 warga perumahan Lopo Indah Kolhua dan warga Belo, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang antusias mengikuti seminar soal kesehatan jantung dan reproduksi, Minggu (4/2/2018),

Seminar ini digelar manajemen RS Carolus Borromeus Kupang bekerja sama dengan Paroki St Fransiskus Asisi Kolhua.

Dua dokter spesialis menjadi narasumber yakni spesialis jantung dr. Magma P Putra, Sp.JP dan spesialis kandungan dr. Andree Hartanto, SPOG.

Antusiasme warga itu tercermin dari kuantitas dan kualitas pertanyaan yang mereka ajukan kepada dua narasumber.

Dokter Andree dihujani aneka pertanyaan setelah dia membeberkan materi pada sesi pertama.

Hal yang ditanya mulai dari tips menjaga kesehatan organ reproduksi, keguguran, haid tidak teratur, hamil anggur, sulit hamil atau mandul hingga kanker serviks dan cara mencegahnya.

Dokter Andree Hartanto (kanan) pose bersama peserta seminar yang mendapat door prize, Minggu (4/2/2018)
Dokter Andree Hartanto (kanan) pose bersama peserta seminar yang mendapat door prize, Minggu (4/2/2018) (Pos Kupang/Dion Putra)

Warga Kolhua yang aktif bertanya sekaligus konsultasi soal masalah reproduksi antara lain Grasiana Sare, Yudith Bele, Ibu da Cunha, Vianey Watu dan Paul Tokan.

"Terima kasih Pak Dokter Andree. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru hari ini," kata Grasiana yang anaknya sudah menginjak usia remaja dan dewasa.

Materi dari spesialis jantung Dokter Magma P Putra tak kalah menarik. Dia menjelaskan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, kolesterol, riwayat keluarga dan kebiasaan merokok.

Dijelaskan pula cara pencegahan yang utama adalah menjalani pola hidup sehat, rutin berolahraga dan kendalikan faktor risiko jantung.

Dokter Magma pun mendapat banyak pertanyaan dari peserta seminar. Mereka antara lain Sentis Medi, Fidelis Fernandez, Anis Tokan dan Yoseph. Hal-hal yang ditanyakan seputar mitos dan fakta penyakit jantung.

Anis Tokan, misalnya, bertanya soal korelasi antara konsumsi daging dengan faktor risiko jantung. Fidelis Fernandez konsultasikan mengenai hal-hal yang berkenaan dengan operasi pemasangan ring jantung dan lainnya.

Seminar yang didukung manajemen laboratorium Prodia Kupang ini diwarnai pemberian door prize bagi peserta seminar yang tepat menjawab pertanyaan dari dokter Magma dan dokter Andree. Seminar mulai pukul 10.00 hingga 13.00 Wita diakhiri dengan santap siang bersama. (*)

Penulis: dion_db_putra
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved