Duel Klasik Kembali Terjadi di Pilkada Ende

Pilkada Ende akhirnya juga berhadapan duel klasik antaran Marsel Petu dan Don Bosco Wangge. Ini penjelasannya

Duel Klasik Kembali Terjadi di Pilkada Ende
Pos Kupang/Romualdus Pius
Anggota KPU Ende, Jamal Umar 

Laporan POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Pilkada Kabupaten Ende tahun 2018 ini akan diikuti dua paket saja yakni pasangan incumbent, Ir. Marsel Petu yang berpasangan dengan Drs Djafar Achmad atau yang dikenal dengan tagline pasangan MJ serta pasangan, Drs Don Bosco Wangge yang berpasangan dengan Munawar atau paket WM. Kedua paket tersebut berasal dari jalur Partai Politik (Parpol).

Informasi yang dihimpun Pos Kupang di KPU Ende menyebutkan, sebenarnya pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende kemungkinan bisa diikuti oleh tiga paket yakni dua dari jalur Parpol dan satu melalui jalur perseorangan.

Ketiga paket bahkan diketahui telah mendaftarkan diri guna mengikuti tahapan Pilkada namun demikian Paket Patriot yang maju melaui jalur perseorangan akhirnya gugur dalam tahap verifikasi oleh KPU karena tidak mampu memenuhi syarat yang ditentukan.

Anggota KPU Kabupaten Ende, Jamal Umar yang dikonfirmasi Pos Kupang, Kamis (1/2/2018) mengatakan dukungan perbaikan yang seharusnya diserahkan pada tahapan perbaikan dari 21 hingga 23 Januari 2017 adalah sebanyak 26.244 tetapi setelah dihitung jumlah dukungan perbaikan yang telah diserahkan paket Patriot hanya sebanyak 21.463 dukungan sehingga KPU Kabupaten Ende membuat berita acara dan dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan perbaikan.

"Berita acara sudah diserahkan ke bakal pasangan calon perseorangan dan Panwas,"kata Jamal.

Jamal mengatakan khusus untuk Paket Patriot sebelumnya diminta untuk menyerahkan syarat dukungan berupa foto copy KTP sebanyak 26.244. Syarat dukungan perbaikan tersebut dilakukan mulai 21 hingga 23 Januari 2018 namun demikian Paket Patriot tidak mampu menyerahkan dukungan perbaikan yang disyaratkan. Paket Patriot hanya mampu menyerahkan sebanyak 21.463 syarat dukungan.

Jamal mengatakan bahwa sesuai dengan tahapan di KPU Kabupaten Ende menyatakan bahwa bakal calon peserta Pilkada Kabupaten Ende akan ditetapkan oleh KPU pada 12 Februari 2018 dan pada 13 Februari akan dilakukan undian nomor peserta.

Dengan gugurnya Paket Patriot maka dapat dipastikan bahwa Pilkada Kabupaten Ende hanya akan diikuti oleh dua pasangan dari jalur partai namun demikian penetapan secara resmi baru akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Ende pada 12 Februari 2018.

Dalam catatan Pos Kupang dua paket dari jalur Partai yakni Paket MJ diusung oleh 6 Parpol dengan jumlah kursi sebanyak 21 kursi masing-masing Golkar 4 kursi dan PDIP 4 kursi serta NasDem 4 kursi dan Demokrat 3 kursi juga PKB 3 kursi serta PKPI 1 kursi dan PKS 2 kursi.

Sedangkan Paket WM didukung dua Parpol yakin Partai Gerindra 4 kursi dan PAN 2 kursi sehingga total menjadi 6 kursi. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved